Backpacker Ke Pulau Perak (Silver Island) Kepulauan Seribu (Part2)

Cerita sebelumnya bisa di baca di --->>> DAY 1

DAY 2

Setelah tidur nyenyak semalaman, pagi hari kami menikmati sang surya yang keluar dari peradaban di pulau perak, sangat cantik sekali langit waktu itu. moment yang takkan bisa terulang dan berlangsung sangat cepatt ini kami nikmati sebari menyeruput segelas kopi hangat.. MAKA NIKMAT TUHANMU YANG MANAKAH YANG KAMU DUSTAKAN?

Sunrise di Pulau Perak

FYI Pulau Perak ini letaknya berada di Kepulauan Seribu Bagian Utara, untuk bisa sampai di pulau perak kalian harus menyebrang terlebih dahulu ke Pulau Harapan dari Muara Angke ataupun bisa juga naik speed boat dari Marina Ancol, nah dari Pulau Harapan kalian bisa sewa ojek kapal untuk diantarkan menuju Pulau Perak, Perjalanannya sendiri dari P.harapan ke Pulau Perak sekitar 1jam-an.

Pulau perak sendiri adalah pulau cantik yang tak berpenghuni, namun ada beberapa warung yang telah di bangun untuk menunjang kebutuhan para traveler. saya rekomendasikan untuk kalian camping di pulau perak ini, selain hamparan pasir putih yang cukup luas, disinipun terdapat sumur yang menjadi sumber mata air walaupun rasanya sedikit payau sih hehhe. oh yah, di sinipun banyak sekali pulau2 yang terlihat, seperti pulau papa theo, pulau macan, pulau bira dll. jadi banyak sekali pilihannya saat berkunjung ke kepulau seribu bagian utara, namun kebanyakan pulau tersebut dijadikan pulau resort kelas wahid.. huftt.

Kemping di pulau perak

Setelah menikmati sunrise yang sangat indah di pulau perak, kamipun bergegas membuat sarapan sebari di temani deburan ombak yang sangat tenang, ahhh nikmat tiada tara.. sehabis sarapan kamipun tanpa basa-basi langsung nyebur bermain air, pantai perak ini cukup dangkal dan berpasir halus, jadi sangat aman untuk anak-anak sekalipun terlebih pagi itu ombaknya sangat-sangat tenang.
Air yang jernih di Pulau Perak

Pulau perak is Paradise

Pulau perak Kepulan Seribu

Sedikit menjauh dari bibir pantai mulailah terlihat karang2 kecil tempat bersembunyinya ikan-ikan, kebetulan waktu itu kami bawa roti dan sisa nasi bekas jadi bisa dijadikan untuk umpan ikan agar berkumpul disekitar kami hihiihi..

Bermain bersama Ikan

Sampai lupa waktu tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 12.00 siang, bagaimana tidak, selain suasana pantainya yang nyaman, pasir pantai yang lembut, dan air laut yang jernih membuat waktu kami hanya untuk di pakai untuk bersenang-senang melepaskan penat dari sibuknya rutinitas di kota.

Setelah bermain air kamipun bergegas bersih-bersih ke sumur yang letaknya berada di tengah pulau, lokasinya tidak jauh kok, hanya perlu menyusuri jalan setapak, cuman kalau malam suasanya rada mencekam karena jalannya di keliling oleh daun dan pepohonan yang cukup lebat, namun cukup sediakan saja headlamp yang cukup terang.

Jalan menuju Sumur di tengah pulau
Sumur di Pulau Perak (foto rada blurrr) hehee
Sekitar pukul 15.00 kamipun di jemput oleh bang bob beserta rombongannya untuk ikut snorkling, enaknya menggunakan jasa bang bob begini nih, di ajakin buat keliling pulau, terserah mau ikut atau tidaknya, karena bang bob sendiri sekalian membawa tamu yang hendak singgah di pulau perak, tanpa berpikir panjang kamipun langsung menaiki perahu bang bob, sebari menunggu para tamu yang sedang singgah di pulau perak.

Sekitar pukul 16.00 perahu-pun berangkat menuju ke pulau gosong,  pulau gosong ini letaknya tak jauh dengan pulau perak, banyak sekali karang-karang cantik di pulau gosong ini, namun lebih banyak bulu babinya ketimbang karangnya, saya sendiri hanya mencicipi beberapa menit snorkling di pulau ini,, sampai ada 1 rekan perahu kami yang mencicipi duri dari si mbulu babi ini, waduhhh,,, nah katanya hal yang pertama harus dilakukan saat terkena bulu babi adalah kencingin lukanya atau di geprok geprok sampai racun/darahnya keluar, pilihan ke dua yang rada realistis ketimbang di kecingin, yang ada malah di ketawain 1 perahu hahahaha...

Rekan 1 perahu yang terkena bulu babi
Bersama anak lokal
Goes To Snorkling
Snorkling

Sekitar pukul 17.00 diantar pulanglah kami menuju pulau perak, namun sebelum itu saya ijin menyewa perlengkapan snokling kepada bang bob untuk di pake besok paginya, yahh lumayan lah biar lebih leluasa melihat pemandangan bawah lautnya pulau perak ini hihihiii..

DAY 3

Tak jauh beda dengan Hari ke-2, hanya saja di pagi hari kami habiskan dengan bermain snorkling di sekitaran pulau perak, menghabiskan waktu yang sangat berharga, begitu malas dan manja waktu itu, sungguh nikmat tak ada beban dikepala, yang ada hanyalah kesenangan dan kecerian saja \m/

Snorkling seharian

Seperti biasa, sekitar pukul 16.00 kami di jemput oleh bang bob, kali ini kami menunggu di kapal sebari PDKT-an dengan awak kapal hihiihihi, oh yah rencananya kali ini kami akan ke pulau gosong (lagi) dan ke pulau pasir timbul, karena kemaren kesorean ke pasir timbul makanya kali ini wajib !!

Bersama Awak Kapal pak Jumadi
Saat Sudah bosan snorkling
Perfect Beach

Setelah dari pulau gosong kamipun melipir ke pulau pasir timbul yang tak jauh juga dengan pulau perak..

Dan ini baru pasirnya timbul, awalnya hanya ada beberapa perahu, tapi semakin sore makin banyak juga perahu yang melipir kesini, alhasil rame lah kayak pasar malem nih pulau hiihihi, pulau pasir timbul sendiri hanya bisa di nikmati ketika air laut sedang surut antara jam 3-4an, nah berhubung waktu itu sunset lagi tjakepnya kami pun sedikit rada lama disini sebari menikmati sunset... unch unch unch...

Pulau Pasir Timbul kepulauan seribu
Selfie Sebari menikmati sunset
Kamipun diantar kembali ke pulau perak,, untuk keesokan harinya pulang menuju pulau kelapa...

DAY 4

Hari terakhir di pulau perak, suasanya pulau sudah sepi, warungpun cenderung tak ada yang membeli, terlebih lagi pagi itu belum ada wisatawan yang datang mengunjungi pulau perak, saya dan novi menikmati dengan tenang dan nyaman.. sungguh suasana damai pagi itu, tak banyak aktivitas di lakukan, hanya membuat sarapan pagi lalu bengong lagi, nikmat sekali,

Hingga sore tiba sekitar pukul 15.00, saya dijemput oleh bang bob sekalian mengantarkan tamu bang bob yang hendak mengunjungi pulau perak, kami berdua pun menunggu di deck kapal sebari berbincang hangat dengan awak kapal.

Setelah tamu bang bob cukup puas menikmati pulau perak, sekitar pukul 17.00 kamipun bergegas kembali menuju pulau harapan/kelapa, namun sebelumnya perahu yang kami naiki ini pergi mengantarkan tmau bang bob yang berasal dari korea ke penginapan apung di dekat pulau harapan. Sekitar pukul 18.15 kamipun akhirnya sampai di pulau kelapa. Rencananya besok pagi kami mau naik KM. Sabuk Nusantara 46 untuk menghemat budget, tapi sebelum itu kami ke rumah bang bob terlebih dahulu sebari membayar itung2an  jasanya..

Sesampainya di rumah bang bob, kami di sambut hangat oleh istrinya, ramah sekali, seperti keluarga sendiri saja aku pikir, kami terlibat obrolan hangat hingga lupa waktu sudah mulai larut malam, rencananya kami ingin menginap di alun2 pulau kelapa atau lebih tepatnya di dekat pelabuhan KM.Sabuk Nusantara 46 berlabuh, namun bang bong dan istrinya malah menawarkan kepada kami untuk tidur saja di rumahnya secara cuma-cuma, namun karena perasaan tak enak akhirnya tawaran tersebut kami tolak dan tetap kekeuh akan nge camp di alun2 pulau kelapa. akhirnya kami pun di antarkan oleh keponakannnya bang bob menuju alun2 pulau kelapa, disana suasananya sangat gelap, namun ada beberapa tenda yang didirikan,, sebelum menggelar tenda kamipun bencengkrama dengan warga sekitar sebari membeli nasi goreng untuk santapan makan malam..

Pagipun tiba, kamipun beres2 tenda lalu bersiap menuju pelabuhan, ternyata KM.Sabuk Nusantara 46 tidak berlabuh hari ini, padahal jadwalnya harusnya hari ini, namun karena ada beberapa kendala akhirnya jadwal tersebutpun molor, alhasil pagi hari kami mencari opsi lain, yaitu dengan menaiki Kapal Motor yang ukurannya sama seperti waktu berangkat dari muara angke. Tak apalah saya pikir dari pada harus menunggu sehari lagi untuk menaiki KM.Sabut Nusantara 46, terlebih logistik kami sudah habis, hehhee, jadi pada hari itu juga kami berangkat dengan Kapal Motor menuju Muara angke..

Selamat tinggal Pulau kelapa dan pulau kecil yang cantik disekitarnya terutama pulau perak, suatu saat kami akan kembali berjumpa denganmu, tetaplah indah dan ramah !!
spesial thanks to bang bob yang memberikan pelayanan terbaik walaupun harga sangat murah..

estimasi harga nanti akan saya update :)