Teluk Hijau (Greenbay) Surga Yang Wajib Di Kunjungi



Pagi ini kami bangun sedikit kesiangan, niatnya mau jalan pagi buta untuk menuju greenbay, tapi karena kasur yang begitu nyaman sampai alarm dangdut pantura-pun dihiraukan huuuuuhhhh. emang bener kata orang, tidur ternikmat itu pada saat cape kelelahan.
Sebelumnya kami mengunjungi Savana Bekool hingga pantai bama Taman Nasional Baluran (baca selengkapnya)
Teluk Hijau / Greenbay

Menurut pengalaman orang yang sudah pernah kesana, katanya greenbay ini adalah surga tersembunyinya banyuwangi, so.. destinasi ini wajib masuk wishlist kalian saat berkunjung ke banyuwangi, kalau saya pribadi sih emang greenbay menjadi tujuan utama saya menginjakan kaki di ujung timur pulau jawa ini hehehe.

Pukul 06.00 kami berangkat menuju greenbay dengan menggunakan motor sewaan, walaupun belum sarapan dan udel ditempel hansaplast (biar gak masuk angin) tapi kami tetap exited yihhhhaaa. sepanjang perjalanan kami dimanjakan oleh pemandangan sunrise yang super cantik, tak heran kalau banyuwangi ini dinobatkan sebagai kota sunrise di pulau jawa, ibaratkan bangun tidur lalu disuguhkan kopi hangat oleh sang kekasih ... *nikmatt

Sebenarnya kami tidak terlalu hapal jalan, jadi kami serahkan semuanya kepada si embah google. Sekitar pukul 08.00, kami beristirahat sejenak di sebuah warung makan untuk mengisi perut, namun warung makan tersebut ternyata belum buka, tetapi kami setia menunggu sampai buka karena kami sadar sedari tadi tak ada warung makan yang buka huuuuuuuu.... akhirnya si empunya warungpun dengan cekatan membuka warungnya lebih pagi karena telah di tunggu oleh orang kelaparan. ngeehehehhe.

Sekitar pukul 08.45 kamipun kembali melanjutkan perjalanan, melewati desa sarongan lalu melewati perkebunan yang di kelola oleh pemerintah, awal perjalanan cenderung mulus, dengan kiri kanan jalan dipenuhi oleh perkebuan coklat, karet dan gula kelapa, namun saat akan mendekati Taman Nasional Meru Betiri jalanan aspal mulus berubah drastis menjadi jalan bebatuan, dan bodohnya kami malah mengikuti rute google maps, padahal jelas-jelas tinggal ikutin jalan lebar yang akan mengarah ke pantai rajegwesi (Pos Taman Nasional), tetapi kami malah berbelok ke jalan sempit masuk ke perkebunan milik pemerintah tersebut, ahhh bodohnya,, karena sudah terlanjur basah terpaksalah kami melewati jalan sempit khas perkebunan yang hanya cukup untuk 1 motor saja, walaupun begitu tetapi kamipun sampai juga di Taman Nasional Meru Betiri walaupun agak sedikit susah payah karena kebodohan sendiri sih wkkwwkwk. yah dapet pelajaran berharga nih, terkadang kita boleh percaya si embah terkadang juga jangan terlalu pecaya si embah hhehee

Pukul 09.30 kami telah sampai di pintu gerbang taman nasional meru betiri, disini kami wajib melapor ke petugas sekaligus membayar tiket masuk taman nasional, sebenarnya ada 2 opsi untuk bisa menuju grennbay aka teluk hijau, yang pertama adalah menyebrang menaiki perahu di pantai rajegwesi dan yang satu lagi adalah dengan cara treeking melewati bukit yang memakan waktu sekitar 30menitan dengan jarak 2km, tentu kami memilih trekking, selain menekan biaya juga dengan cara trekking kami dapat melihat pemandangan alam yang berada di taman nasional meru betiri ini. 

Jalur Treking menuju Teluk Hijau
Kamipun mulai berjalan melewati jalan bebatuan yang menanjak, disini banyak sekali petunjuk jalan yang langsung mengarah ke teluk hijau, dijamin gak bakalan tersesat deh, mungkin hanya orang mabok aja yang bakalan tersesat nguehehe. Setelah 15 menit mendaki akhirnya kami sampai di atas bukit, disini kalian bisa melihat luasnya samudra dan birunya laut, juga kalian bisa melihat sebuah teluk yang berada di ujung bukit sebelah barat dan disitulah lokasi teluk hijau (greenbay).

Lokasi Teluk Hijau di lihat dari atas bukit
Perjalananpun dilanjutkan kembali, setelah menuruni bukit tibalah kami di sebuah pantai yang bernama pantai batu, pantai ini lokasinya disebalah timur teluk hijau, jika kalian memilih treking sudah bisa dipastikan kalian akan melewati pantai batu ini. pantainya cukup unik karena kalau biasanya pantai memiliki sebuah pasir ditepiannya, nah pantai batu ini isinya batu semua, namun pemandangan disekitar tak kalah menarik dengan teluk hijau, selain itu masih banyaknya pepohonan di pinggir pantai menjadikan pantai ini cukup nyaman untuk sekedar beristirahat sebari menikmati deburan ombak dan angin semliwir.

Menuruni Bukit

Tiba Di Pantai Batu


Pantai Batu (Stone Shore)

Menyusuri Pantai Batu
Setelah melewati pantai batu, tibalah kami disebuah pantai yang berisikan pasir putih dan air laut berwarna hijau tosca, yaps teluk hijau, surga tersembunyi ini mampu membuat kami berlari-lari saat pertama kali datang, selain paantainya yang masih sepi, juga pasir putih dan pemandangan yang memanjakan mata seolah-olah mengajak kami kembali menghidupkan jiwa-jiwa masa kanak-kanak.. yihhhaaaaaa

Bergaya dulu :)
Tanpa basa-basi saya-pun langsung buka kemeja, celana dan lepaskan beban di pantai teluk hijau ini,, it's time to swiming, seakan menjadi klimaks dari sebuah perjalanan yang melelahkan dan sayapun tidak melewatkan kesempatan yang enjoy ini.. alhamdulillah nikmattt.


Yuk main air

FYI, Teluk Hijau ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, jadi masih banyak kera-kera berkeliaran di sepanjang jalur treking dan di teluk hijaunya sendiri, jadi jangan lupa untuk menjaga makanan saat akan berenang yah... dan yang paling penting bawa kembali sampahmu untuk di buang di tempat sampah okey??? 

Saat musim hujan tiba biasanya di ujung barat teluk hijau akan muncul air terjung dadakan setinggi sekitar 8meter, ahh pokoknya perfect nih teluk hijau.. I LOVE THIS PLACE... pasir putih dan air lautnya sangat sangat menggoda.... #biglove

Indonesia itu indah maka jaga kebersihannya :)

Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

1 comment:

  1. Trakhir kali ke banyuwangi itu, aku masih SD, huahahaha.. Jujurnya udh lupa samasekali tempatnya seperti apa.. Pantainya bagus bgt yaaa.. Birunya itu loh :) .. Hrs masukin dlm bucket list ini

    ReplyDelete