Savana Bekol hingga Pantai Bama Taman Nasional Baluran

Setelah perjalanan panjang dari bandung ke banyuwangi, lalu dilanjut ke Gunung Ijen, dan sekitar pukul 08.30 pagi kami telah sampai di penginapan yang berada di depan stasiun karang asem, akhirnya setelah menempuh perjalanan 48 jam nemu kasur juga, kamipun langsung tepar di atas ranjang yang di sewa 100rb permalamnya. nikmat-nikmat-nikmat pokoknya..

Baca Cerita sebelumnya --> Perjalanan Menuju Blue fire Gunung Ijen
Sekitar pukul 11.00 siang, alarm handphone membangunkan kami, walaupun baru tidur sekitar 2-3 jam-an tetapi sungguh sangat nikmat. Kamipun bergegas mandi lalu cari makan. kira-kira setelah adzan dzuhur kamipun kuy menuju Taman Nasional Baluran menggunakan motor sewaan seharga 75rb/hari.

Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Situbondo dan Banyuwangi, pintu gerbangnya sendiri tak berada jauh dari gapura perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo. Perjalanan menuju Baluran dari Stasiun Karang Asem  memakan waktu sekitar 1 jam. Sesampainya di kantor Taman Nasional Baluran kami harus mengisi data serta membeli tiket masuk sebesar 17.500/orang dan 5.000/motor, disarankan membawa kendaraan pribadi karena Taman Nasional ini sangat luas, kira-kira luasnya mencapai 25.000 ha. dijamin luas banget dan puas banget deh main di Taman Nasional Baluran, yippppieee.

Pos Taman Nasional Baluran
Destinasi utama kami saat berada di Taman Nasional Baluran adalah Savana Bekool dan Pantai Bama, jaraknya sendiri sekitar 11km ke savana bekool dan 15km ke pantai bama, kalau jalannya aspal sih paling 15menitan udah sampai di savana bekool tetapi karena jalannya bebatuan yang amburadul menjadikan perjalanan menuju savana bekool tidaklah mudah, butuh waktu kira-kira 1 jam untuk bisa sampai di savana bekool, tapi jangan di tanya pemandangan sepanjang jalan seperti apa, indah bangettt pokoknya !! I love this place.. BIG LOVE !!

Sepanjang Jalan Kenangan
Sesampainya di Savana Bekool pemandangan yang tersaji akan berubah yang tadinya hutan menjadi padang savana yang sangat luas, kalian bisa jungkir balik sepuasnya sebari menikmati segerombolan rusa yang asik main kejar-kejaran ataupun ikut nimbrung bareng kerbau-kerbau yang lagi ngaso di kubangan. terserah !! bebas !! enjoykan !!

Savana Bekol
Savana Bekol !! BIG LOVE <3
Kerbau lagi ngaso
Rusa yang sedang asyik bermain
awas gan !!
Selain menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto, savana bekol juga bisa menjadi sarana pembelajaran mengenai perilaku hewan di alam liar. ahhh lengkap pokoknya. Di savana bekool sendiri terdapat gardu pandang, namun kami mengurungkan niat untuk mencobanya, karena waktu yang sudah semakin sore hehhe.

terdapat juga rumah pohon
Setelah puas menikmati keindahan dan keaneka ragaman di savana bekol kamipun  bergegas menuju destinasi selanjutnya yaitu Pantai Bama.

PANTAI BAMA
Dari Savana Bekol ke Pantai Bama tidak terlalu jauh jaraknya, terlebih jalannya sudah cukup bagus, tetapi pada saat kami akan sampai di pantai bama, tiba-tiba puluhan ekor kera berada di pinggir jalan bak layaknya sedang menyambut kami, jadi pemandangan yang asik sendiri sih, berbagai macam aktifitas sedang di lakukan kera-kera tersebut, ada yang sedang bermain kesana kemari, nyari kutu temannya hingga sedang bercumbu, gokil banget dah ini kera pokoknya, lain kali kudu di sensus penduduk nih biar tau jumlahnya hehhee.

Sesampainya di Pantai Bama air laut sudah mulai surut, sehingga banyak karang-karang terlihat dari bibir pantai, seandainya siang sih kayaknya enak buat nyebur yak !! di sebelah pantai bama sendiri terdapat hutan mangrove yang sangat luas dan wajib dikunjungi jika kalian ke pantai bama yeahhhh..

Crazytravelmate di pantai bama
Di pantai bama sendiri terdapat beberapa warung ataupun rumah makan yang berada di pingggiran pantai, tak melewatkan kesempatan kamipun mampir sejenak ke warung bakso, entah baksonya yang enak atau emang saya lagi kelaperan sampe-sampe nambah jadi 2 mangkok, nyam... nyam... nyamm.... nikmat pokoknya makan kalau lagi laper mah hihihiihi

Setelah kenyang kenikmatan kami menikmati sore santai di pantai bama, udara yang sangat sejuk dan pemandangan pantai yang sangat memanjakan, membuat sore itu menjadi sempurna, namun semua berubah saat para kera mengambil beberapa snack yang ada didalam tas kami, salah kami juga sih meninggalkan tas dengan keadaan terbuka, sempet saya mengejarnya tapi larinya kayak kera kesurupan, gesitt banget.. huft... yaudah lah berhubungan hanya snack jadi tidak masalah, coba kalau dompet yang isinya e-ktp pasti gak bakalan lolos tuh kera, untungnya kera-kera ini gak mengenal istilah e-ktp yang bikinnya lama minta ampun....

enjoy
Matahari perlahan turun ke peraduan, pengunjung pantai bama-pun sudah sepi, kamipun bergegas kembali menuju Pos Taman Nasional,, tapi sebelum balik menuju pos Taman Nasional kami mengabadikan moment sunset saat berada di savana bekol dengan latar belakang gunung bama, romantic sunset !!
Damn !! LOVE !!
TEMPAT TER-ENJOY !!  BALURAN
Menuju Pos Taman Nasional, jam sudah menunjukan pukul 18.30, melewati hutan gelap dan jalan yang rusak, sepeda motor kami gas sedikit-sedikit sebari memilih jalan yang layak, suasana mendadak mencekam saat itu, terlebih sudah tidak ada kendaraan yang melintas, namun di tengah perjalanan kami bertemu dengan 2 orang pengendara yang sedang mendorong sepeda motornya, setelah kami dekati ternyata ban motor mereka bocor, kamipun mencoba menawarkan bantuan tetapi mereka tidak mau walaupun sudah kami paksa. kesiiaan juga sih tapi ya mau gimana lagi, dengan berat hati kamipun meninggalkan mereka.

1 jam telah terlewati, ehh giliran ban motor kami yang bocor, tapi masih beruntung karena sudah dekat dengan Pos Taman Nasional baluran. masih rejeki ini namanya hhiihihihi. karena di jalan Utama banyuwangi - situbondo banyak sekali tukang tambal ban 24jam.
Setelah menambal ban kamipun bergegas kembali ke banyuwangi, tadinya mau main dulu nyebrang ke gilimanuk naik ferry gitu sambil menikmati semliwir angin malam, tapi karena waktu sudah semakin malam akhirnya kami memutuskan langsung balik ke banyuwangi untuk istirahat supaya besok bisa melanjutkan perjalanan ke Greenbay (Teluk Hijau)

Overall, Taman Nasional Baluran ini sangat recomended buat kalian yang ingin bermanja-manja ataupun ingin keluar dari zona kepenatan yang hakiki, jika ingin berlama-lama di taman nasional baluran kalian bisa menginap di penginapan yang berada di savana bekol ataupun pantai bama.

Oh iya selama kami di banyuwangi kami sedikit kesulitan mencari tempat makan, sampe muter2 kota, namun akhirnya nemu juga nasi goreng di suatu tempat antah berantah hehehe. entah perasaan atau emang kenyataan masakan banyuwangi itu identik dengan pedasnya, sebagai contoh saya pesen nasi goreng pedasnya sedikit pas di coba busyeet pedes banget, ini terjadi bukan cuman nasi goreng doang sih.. hehee

Jangan lupa buang sampah pada tempatnya dan sayangilah alam ^_^