Lets Go Bromo !!

Hari 1 Di Malang

Sebelumnya kami menginap di hotel palem 2 yang lokasinya tidak jauh dari kantor balai kota dan stasiun malang, harga kamarnya bervariatif, tapi karena kami ber 4 akhirnya kami memilih yang family room, harganya 250rb/hari, sudah termasuk sarapan se-alakadarnya + air secukupnya hiksss.
Crazytravelmate in Bromo

Hari pertama di kota malang ini kami bakalan mengunjungi jatimpark 2 yang berada di batu, sebelumnya udah pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya, jadi buat kalian yang pengen tau seperti apa jatimpark2 bisa di liat postingan ini ---> Jatim Park 2, Museum Satwa, Batu Secret Zoo

Untuk bisa menuju batu dari malang sebenernya gampang kok, intinya jangan langsung percaya kepada supir angkot yang menawarkan jasanya, terkadang ada beberapa supir angkot yang asal main tembak harga ataupun mendadak menjadi supir pribadi, pokoknya musti stay cool and keep calm !! dari depan stasiun malang bisa langsung naik angkot ADL menuju terminal landung sari, lalu lanjut dari terminal landung sari naik angkot warna kuning menuju kota batu, tarifnya hanya 5rb saja.

Oke setelah puas main di kota batu, sore harinya kami pulang ke penginapan, tujuannya sih untuk lebih prepare buat nanti malem berangkat menuju bromo, yeaayyy !!

Lalu Bagaimana cara menuju Gunung Bromo dari Kota Malang?? Kalian Bisa menyewa Jeep ataupun pakai jasa Open Trip. Kalau kalian ber 6-7 orang bisa menyewa jeep di kota malang, Banyak kok!! masalah harga bisa di nego, yang jelas harganya gak terlalu jauh dengan open trip sih menurut gue, hehehhe.

Nah untuk Open trip sendiri juga sudah sangat banyak agen tour & travel yang menawarkan jasa menuju Gunung yang menjadi salah satu keajaiban dunia ini, jadi tidak perlu khawatir jika kalian hanya sendiri ataupun berdua tetep sama kok harganya, ibaratkan "udunan" lah walaupun sedikit lebih mahal, so why not???

Kami memilih salah satu agen tour & travel yang menjual jasanya dengan harga 290rb/orang, itu sudah termasuk semuanya sih, jadi gak ada biaya tambahan lagi,  Oke Tanpa basa-basi sekitar jam 12 malam kami di jemput  didepan kantor balai kota, And Let's go ONE NIGHT IN BROMO.

Menunggu di Balai Kota Malang
Oh yah, kenapa sih kalau ke bromo harus tengah malem?? soalnya perjalanan tengah malam sangat ideal jika kita ingin mengejar sunrise di bromo, One Day Trip dari pagi buta sampe sore bisa mengexplore semua kawasan terkenal di bromo... cmiiiwwww....

Oke lanjut... Perjalanan Malang-Bromo membutuhkan waktu sekitar 3-4jam an, jalur yang di laluipun benar-benar jalur khusus jeep ataupun mobil sejenisnya, ciiee offroad nih ceritanya, walaupun pemandangan waktu itu sangat gelap, tapi sensasinya luar biasa. kebetulan kami menggunakan LandRover, dan gue duduk dibelakang jadi keliatan banget pemandangan gelap gulita di belakang karena landrover sendiri adalah jenis jeep yang tidak di tutup bagian belakangnya, tak apalah walaupun sedikit dingin tapi biar berkesan adventurenya gitu..hehehe

Perjalananpun semakin tak karuan, mobil terpontang-panting seakan memberi tahu bahwa inilah yang dinamakan off-road, gue yang sedari tadi merem-melek karena mata udah 2watt akhirnya kembali melek bak kesetanan oleh manuver sang supir yang menghindari batu2 besar, sungguh sensasi yang luar biasa di tengah gelapnya malam. (akhirnya gue excited banget nikmatin perjalanan). Hingga Pukul 03.00 kami sampai dimana kalau di liat siang hari lembah ini dinamakan bukit teletubies.

Nah karena waktu itu sedang musim hujan, alhasil di bukit teletubies yang mayoritas jalannya tanah menjadi berlumpur, ini yang menjadi tantangan besar bagi para off-roaders (sebutan pecinta off-road), sang supir sendiri melakukan manuver kembali untuk mencari jalan yang tidak terlalu amblas. Di bukit Teletubies ini banyak sekali jeep yang sedang meraba-raba jalan, namun ada juga yang apes akibat masuk lumpur yang sangat dalam, *semogamobilguegakmasuk.

Masih dengan manuver hebatnya, sang sopir tetap berkonstrasi mencari jalan yang mulus, butuh pengalaman yang hebat untuk bisa melewati rintangan ini, namun sayang seribu sayang akhirnya mobil yang kami naikipun masuk lumpur yang sangat dalam, beberapa kali sang sopir memainkan gassnya namun tetap saja mobil tidak mau keluar dari lumpur. uhhh sialnya, akhirnya kamipun turun dari Landrover tersebut, pas gue turun dari Landrover tersebut, lumpur udah sebetis kaki mennn, berat sekali melangkah untuk bisa mencari jalan yang agak kering. huft.

Sang supir mencoba mencari bantuan, namun banyak yang tak sudi untuk membantu kami, karena supir jeep yang lewat lebih mementingkan tamunya ketimbang rekan seperjuangannya, sad but true sih karena mereka juga punya tanggung jawab. akhirnya kami semua berkumpul dan memutuskan untuk menumpang jeep yang lewat. Beberapa kali mencegat jeep namun tak dapat tumpangan karena muatan penumpang yang penuh, namun ada 1 jeep yang kami cegat masih memiliki space, walaupun sang supir tersebut menolak untuk membawa sebagian dari kami, namun akhirnya kami memaksa, karena beberapa dari kami adalah perempuan. sang supirpun mengiyakan paksaan kami, walaupun yang menumpang tidak semuanya tapi kami prioritaskan perempuan saja, termasuk istri saya (yang waktu itu masih menjadi pacar) masuk ke dalam jeep tersebut.. ok see u in bromo darl . :*
Sudah Mulai Pagi
1 jam telah kami lewati di tengah gelapnya malam dan bintang yang mempesona, tiba-tiba telepon berbunyi dari saku supir kami, diapun langsung menjawab dengan cekatan, obrolan sangat serius yang saya lihat, beliaupun lalu memberitahu isi percakapan teleponnya kepada kami semua, "tadi di depan ada jeep yang terguling karena jalannya amblas" katanya, sangat shock saat mendapat berita tersebut. saya coba untuk menghubungi istri saya untuk memastikan keadaannya namun tidak bisa karena di kawasan bukit teletabies ini low signal, namun kabar buruk tersebut berhasil di konfirmasi ulang oleh sang supir yang kembali mendapatkan telepon dari temannya, "Jeep yang terguling tadi bukan jeep yang di naikin oleh cewe kalian" serunya. Alhamdulillah......

Saat kondisi sedikit terang kelihatan mobil nyusruk terjebak lumpur. hahhaa

Pukul 05.00 pagi kami di jemput oleh teman dari sang supir, tanpa basa-basi kami naik kedalam jeepnya, menembus kabut tebal yang menyelemuti kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, perlu keahlian khusus untuk bisa sampai di tempat tujuan, jika tak tau navigasi satu-satunya cara adalah menungggu hingga kabut menghilang.

And Finallly Akhirnya kamipun sampai di Penanjakan 3, walaupun sebenernya tujuannya penanjakan 1 tapi karena waktu sunrise yang telah terlewat.. huuuu, but really enjoy this place... :B

Sunrise tipis di Bromo
Kawah Bromo dan Gunung Semeru di Belakangnya
Mendaki Kawah Bromo


Cinta yang tak lekang oleh waktu

Bukit Teletubies Bromo





Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

No comments:

Post a Comment