Backpacker Ke Malang Dari Bandung

Ceritanya latepost nih, perjalanan beberapa waktu yang lalu saat backpacker-an ke malang hihiihi. *gapapa yah?

Kota Malang menjadi salah satu wishlist tujuan wisata gue, dan alhamdulillah gue sudah pernah merasakan tempat wisata eksotis di malang, heyyy malang suatu saat ku kan kembali lagi....... *rindu malang

Sebenarnya banyak sekali moda transportasi menuju kota pelajar sekaligus kota wisata ini, salah satunya yang paling digemari pelancong adalah kereta, selain harganya yang murah ketepatan waktu keretapun menjadi pertimbangan karena ke tepatan waktunya.

Ada 2 pilihan kereta dari Bandung yang bisa digunakan sebagai referensi kalian saat akan menuju kota malang, yang pertama kereta ekonomi (KA.KAHURIPAN), dan yang satu lagi ekonomi/bisnis/eksekutif (KA.MALABAR), dari segi harga sih cukup signifikan perbandingan harga tiket keretanya, tapi ada plus minusnya sih menurut gue, kalau ekonomi musti ngeteng lagi yang alhasil nambah duit lagi, nah yang bisnis langsung sampe malang dengan sekali jalan. hayoh jadi mau pilih yang mana? tapi setelah gue kalkulasikan ternyata harga sampe malang seperti ini :

*KA Kahuripan : 84.000 , berangkat pukul 20.00 - 10.00 (Kediri)
Lanjut Bus Puspa Indah : 25rb (Kediri- Malang) 11.00 - 15.00 ,
Waktu tempuh 19 jam
Total biaya 109rb (belum termasuk makan yah hahaaha)

*KA MALABAR : 190.000, berangkat pukul 15.45 - 08.10 (Malang)
Sekali jalan,
Waktu tempuh total waktu 17 jam
Total biaya 160rb (belum termasuk makan)

Sekitar 50rb perbandingan harganya, lumayan juga buat kami hihiihi. berhubungan gue pulang kerja jam 17.00 akhirnya gue memutuskan untuk nge-teng naik kereta KA KAHURIPAN lalu di lanjut dengan Bus Puspa Indah, letss goo..

First time gue naik kereta KAHURIPAN dari bandung sampe kediri, biasanya hanya turun di yogyakarta untuk sekedar transit ataupun berwisata, tetapi kali ini tidak hihihii. Nah secara perjalanan bakalan sedikit lebih lama, jadi kita bakalan makan malam ataupun makan pagi di dalam kereta, untuk mengurangi budget sebenernya kita bisa membawa nasi bungkus dari rumah ataupun beli di stasiun kiaracondong (biar lebih irit dan kenyanggg) hahaha..

Waktu di dalem kereta
Sekitar pukul 10.45 siang (ngaret dari jadwal) kamipun sampai di stasiun Kediri, cuaca di kediri panas banget, sampe-sampe air keringet gak mau berhenti menetes. Keluar dari stasiun banyak sekali tukang becak yang menawarkan jasanya, sebenernya kami juga bingung naik bus di sebelah mana, akhirnya kami mampir sejenak di warung nasi untuk mengisi amunisi sekalian nanya-nanya tentang transportasi di kota kediri ini.

Setelah perut telah terisi dan informasipun telah didapat, akhirnya kamipun begegas menuju depan SMKN 3 kediri untuk menunggu Bus Puspa Indah, itu yang di rekomendasikan oleh penjual nasi tadi, jarak dari stasiun menuju SMKN 3 kediri gak terlalu jauh kok, cuman 2km (sekitar 15 menit kalau jalan), namun berhubung habis makan dan cuaca sangat panas, akhirnya kami memilih untuk naik becak saja dengan tarif 5rb/orang.

Sesampainya di depan SMKN 3 kediri, kami menunggu Bus puspa indah. Sekitar 15 menit kemudian, datanglah Bus Puspa Indah yang tidak terlalu penuh penumpang, alhasil kami masih kebagian tempat duduk hehehe, oh iyah Bus Puspa Indah ini Bus ekonomi 3/4 mirip kopaja di jakarta. jadi udah kebayangkan tampilannya?? Btw, Ayo Lets go Kediri - Malang.

Bus Puspa Indah , Sumber foto : Mbah google
Satu hal yang gue seneng naik Bus Puspa Indah ini... Pemandangannya gokil !! dimulai dari melihat Monumen Simpang Lima Gumul yang mirip Arch De Triomphe di Paris, Kampung inggris yang isinya tempat kursus bahasa inggris, Pemandangan Gn.Arjuna, dan sejumlah objek wisata di kota batu, sungguh perjalanan yang memanjakan mata. cuman satu hal yang harus diperhatikan saat menaiki Bus Puspa Indah ini, siapkan Kantong Kresek !! karena jalan yang akan di lalui adalah jalur pegunungan dengan banyaknya naik turun dan belokan tajam, istri gue aja sampe jackpot, untung gue cuman mual doang, hikssss.

Sebenarnya ada transportasi lain dari kediri menuju malang, yaitu menggunakan kereta lokal rapih dhoho, cuman karena jadwal keretanya masih lama, akhirnya kami memutuskan untuk menaiki bus agar tidak kemaleman sampe kota malang. Tiket bus puspa indah sendiri sebesar 25rb-35rb, dan bus puspa indah ini berangkat setiap 30-45 menit/sekali. namun bus ini beroperasi hanya sampe sore saja hehee.

Setelah berjam-jam duduk terpontang-panting di dalam bus, akhirnya pukul 15.00 kamipun sampai juga di terminal Landung Sari (Malang), lega rasanya bisa menghirup udara segar di malang ini. oh yah, terminal Landung Sari merupakan pintu gerbang kota malang dari arah barat, jadi untuk memasuki kotanya sendiri kami harus menaiki angkot ADL (Arjosari - Dinoyo - Landung Sari), jadi kalau di malang itu nama angkot semuanya pake singkatan, misalnya LDG/ LDH, LG/ LH dannnn masih banyak lagii... hihihihi

Di malang ini tarif angkotnya flat jadi bisa terhindar dari supir angkot yang tiba-tiba langsung tembak harga (apalagi wisatawan), tapi tak menutup kemungkinan masih ada juga sih yang seperti itu.. *gubrak.. Oke,, hari pertama dimalang ini kami habiskan waktu untuk jalan-jalan dan kuliner.. sedaappp...

Bakso Malang super gede
Sampai jumpa besok dan siap-siap untuk mengexplore malang.. *cheerssss

LETS GO BROMO !!
SEGARA ANAKAN PULAU SEMPU YANG MENAWAN

Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

4 comments:

1. Nuhun Mang infona, abdi ge bade aya rencana k malang tp nu murah hahaha

ReplyDelete
  2. Nuhun pisan Kang infona, saleuresna abdi ge sami aya rencana ka malang, pasti nu irit wae atulah...diantos info selanjutnya..