Bertemu Rusa Yang Kecanduan Wortel Di Ranca Upas Ciwidey


RANCA UPAS merupakan 1 dari banyaknya destinasi yang berada di Ciwidey-Bandung selatan, berlokasi di jalan raya Ciwidey-Patenggang KM.11, Ranca Upas sendiri merupakan objek wisata alam yang menyediakan fasilitas wisata dan memiliki activity ground seperti camping, outbound dll. Berada di ketinggian 1700mdpl menjadikan ranca upas sebagai tempat pelepas lelah dan tempat "relax-sasi" yang sangat pas karena kesejukan udara disana masih sangat alami.
Bermain Bersama Rusa Di Penangkaran Rusa Ranca Upas
Ranca upas sendiri memiliki area yang sangat luas sekitar 215 hektar, jadi jangan takut tidak ada tempat nongkrong ataupun rebahan bhuahahaha. Tiket masuk ke kawasan ranca upas sendiri sebesar Rp.10.000/orang,  nah di Ranca Upas sendiri ada sebuah penangkaran rusa yang menjadi pioner atau tempat yang paling hits di kunjungi oleh wisatawan, selain bisa melihat tingkah-tingkah gemas sang rusa kita pun bisa memberi makan langsung kepada sang rusa, kalau biasanya rusa makanan utamanya adalah daun-daun muda, rumput dan akar tanaman, tetapi rusa di ranca upas ini doyan sekali dengan yang namanya WORTEL (turunan kelinci nih kayaknya) hahaha.

Jembatan Ranca Upas
Penangkaran Rusa Ranca Upas

Untuk bisa memberi makan rusa-rusa yang lucu ini kita bisa membeli wortel yang di jual langsung oleh petugas dengan harga 5rb per 1 kantong kresek kecil, harusnya sih gratis itung-itung memberi makan rusa di penangkaran  ini ckckckkck. *turunkanhargawortel

Panggung tempat memberi makan rusa




Sebenernya seluruh pengunjung di himbau untuk tidak turun ke bawah, karena sudah disediakan panggung kecil khusus untuk memberi makan, tapiiii yahhh namanya orang indonesia, bandel susah di kasih tau, akhirnya para pengunjung termasuk kami turun kebawah tapi resikonya musti di tanggung sendiri  yah wkkwkw.

Rusa Di Ranca Upas
Karena kondisi tanah di bawah berlumpur, maka petugas penangkaran rusa rancaupas menyediakan jasa penyewaan sepatu boots harganya lupa-lupa ingat sekitar 20rb/pasang (kalau gak salah), kami mencoba turun melewati tangga kecil, seketika kami turun, kumpulan rusa jantan dan betina langsung mengerubungi kami, berharap wortel keluar dari kantong kresek kami.  Trik nya sih jika tidak ingin di kerubungi rusa jangan pernah mengeluarkan wortel tepat di hadapan sang rusa, karena bakalan memicu rusa yang lain untuk ikut nimbrung hahhaa. Karena kami pernah melihat 2 orang pemuda turun ke bawah memberi makan rusa, dari gelagatnya sih doi pengen poto bersama kumpulan rusa yang mengelilinginya, tapi mungkin karena panik dan wortel yang berada di tangannya menjadi fokus utama para kumpulan rusa alhasil rusa-rusa tersebut secara membabi buta menangkap wortel dengan cara menendang ataupun loncat-loncat, pada akhirnya wortel yang di bawa pemuda tersebut di lepaskan ke tanah dan panik meninggalkan kumpulan rusa, Intinya sih jangan panik hahaha.
Kabuuuuuuurrrrrrrr, hahahahha
Memberi makan Rusa

Kami memilih bermain dengan rusa yang sedang nyantai kaya di pantai dan jauh dari kerumunan rusa yang bernafsu mendapatkan wortel, karena dengan seperti itu kami bisa belajar lebih dekat dengan rusa disini. Namun sangat disayangkan pengunjung yang datang untuk memberi makan sang rusa melupakan kantong kresek bekas wortel dan membuangnya dimana saja, sampai-sampai tempat penangkaran rusa di ranca upas ini banyak sekali kantong kresek yang bertebaran.. sad , please don't throw the rubbish anywhere !!
Hello Deer !!
Walaupun rusa-rusanya jinak tapi satu hal yang gue heran dari rusa di ranca upas ini adalah begitu nafsunya ketika melihat wortel, gak percaya? Boleh di coba sendiri guysss saat kalian mampir ke ranca upas hihihihi

Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

5 comments:

  1. Huaaa. kasih makan dan berpelukan sama rusa. aku pengen banget ya ampunn.
    Baru aja lho kemarin aku ke ciwiday, tapi kok g mampir sini. payah aku. tunggu postinganku ttg ciwiday yaa. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sayang bgt yah kak hihi, oke deh di tunggu postingannya kaka kece badai 😉

      Delete
  2. ihhh anakku seneng nih yg begini ;p.. coba ah sesekali kesana sambil kasih makan rusa.. itung2 sambil belajar ttg hewan utk anakku :D..jinak2 bgt ya mbak... tapi moga2 g ada org jahat yg tega manfaatin kejinakan rusa2nya :(.. prnah dgr dulu ada rusa yg diracu dari makanan yg diksh ama pengunjung.. jahat bgt itu :(.. bukan di ranca upas ini sih..

    ReplyDelete