Backpacker murah ke Pulau Semak Daun, Kepulauan Seribu


Pernah denger nama Pulau semak daun??  Pulau semak daun adalah satu dari sekian banyak pulau yang ada di Kepulauan Seribu.  Pulau Semak Daun ini menjadi tempat favorit untuk para traveler yang doyan kemping dan mengasingkan diri dari hiruk pikuk kota metropolitan, begitu juga kami yang ingin mencicipi rasanya kemping di pulau kecil dan imut tersebut.
Pulau Semak Daun
Karena kami orangnya paling anti pake agen travel dan lebih suka jadi backpacker, akhirnya kami cari orang untuk Share Cost dengan tujuan menekan budget seminimal mungkin, karena kalau ke pulau seribu cuman berdua doang  sama saja dengan bunuh diri (maksudnya susah cari tebengan kapal) hihihihi

Akhirnya 3 hari sebelum hari H keberangkatan, terkumpulah 14 orang yang ingin di culik ke pulau semak daun, awalnya sih meponya di pelabuhan muara angke, tapi semua berubah saat Kapal murah bersubsidi KM. Sabuk Nusantara 46 menyerang, sebenernya gue ragu buat naik kapal ini karena minim info, tapi berbekal keyakinan akhirnya gue ngajuin aja kepada peserta trip buat naik KM. Sabuk Nusantara 46 yang berada di Pelabuhan Sunda Kelapa, dan respon yang sangat baik gue terima walaupun info keberangkatan kapal masih samar-samar,  apapun hasilnya kita tanggung bersama yah hahahaa.

Metting Point di Pelabuhan Sunda Kelapa 
Hari H pun tiba, gue, novi, adi dan tio berangkat dari Bandung pukul 1 malam menggunakan kereta ekonomi jurusan Kiaracondong - St. pasar senen, tak banyak aktifitas yang di lakukan di dalam kereta, karena kami semua habis pulang "macul" alhasil semuanya langsung tepar tak berdaya hhhaaha.

Peserta trip yang lain menyarankan agar kami turun di St.Jatinegara lalu di lanjut dengan KRL jurusan Jakarta Kota, boro-boro turun di Jatinegara, sudah sampai di si St. Pasar Senen saja kami masih setengah nyawa hahaha, dan sialnya kereta yang kami naiki ngaret sekitar 40menitan huuhhh

Ps.senen - Pel.Sunda Kelapa
Pukul 05.45 Kamipun bergegas mencari mushola lalu lanjut cari taxi untuk menuju ke pelabuhan sunda kelapa, dengan biaya 65rb rupiah kami diantarkan sampe ke depan kapal KM. Sabuk Nusantara 46, akses masuk ke pelabuhan macet parah, dari senen ke sunda kelapa saja membutuhkan waktu sekitar 1 jam, gue harap-harap cemas mengingat kapal KM. Sabuk Nusantara 46 ini infonya masih samar-samar, jadi gue selaku penanggung jawab musti datang pagi hari untuk memastikan ada atau tidaknya kapal KM. Sabuk Nusantara 46 ini, tapi apa daya kami terjebak macet waktu itu, akhirnya ada seseorang yang menelpon gue dan dia nanyain posisi gue berada, katanya dia udah ada di depan kapal, dan dia juga menawarkan kami mau sekalian di beliin tiket apa tidak, duhhh disitu hati gue sedikit tenang karena sudah di pastikan KM. Sabuk Nusantara 46 ada !! yihhhaaa

Pelabuhan Sunda Kelapa
Pukul 07.00 WIB kami sampai di depan kapal dan bergegas membeli tiket terlebih dahulu, ternyata baru 6 orang saja yang sudah sampai di Pel. Sunda Kelapa, sisanya masih pada di jalan, ada yang masih di tanggerang, tebet dan antah berantah lainnya (yang baru otw juga ada :P). hihihihi

Satu persatu peserta share cost pun telah sampai di pelabuhan sunda kelapa, tinggal sodara gue dan temannya yang dari tanggerang belum menunjukan batang hidungnya, hingga pukul 07.50 akhirnya merekapun datang sebari menunjukan mimik muka yang lesu akibat jalan kaki dari pos masuk hingga berlabuhnya kapal sebari bawa tas carrier yang isinya seperangkat alat tidur dan alat sholat di bayar tunai... saaahhh.. 

Untuk informasi tentang kapal KM. Sabuk Nusantara 46 ini bisa di lihat artikel kami sebelumnya Disini (KM Sabuk Nusantara 46 Solusi Backpacker Ke Pulau Seribu)

Berlayar
Pukul 08.30 kapalpun mulai meninggalkan kota jakarta, kecepatan kapal yang seperti siput membuat gue sangat menikmati pelayaran, angin yang berhembus berkolaborasi dengan suara deburan ombak menghasilkan suasana yang penuh ketenangan. unccchhhh..

Sekitar pukul 10.00 kapalpun merapat di pulau Untung Jawa dan beristirahat selama 1 jam, hal itu tentu menjadi kesempatan buat kami untuk jalan-jalan sebari mencari sarapan di pulau yang lumayan padet ini. *catetan : kalau kalian ingin menaiki kapal KM. Sabuk Nusantara 46, sebaiknya kalian tidak diburu waktu, karena sudah bisa dipastikan akan menguras banyak waktu di perjalanan. (bagi kami yang penting murah hahaha)

Seperti yang sudah dijadwalkan pukul 11.00 bunyi klakson kapalpun di nyalakan, menandakan akan kembalinya kapal melanjutkan pelayaran, kamipun buru-buru masuk menaiki kapal, hingga kapal sudah meninggalkan P.Untung Jawa gue dan novi tiduran di kasur yang sudah disediakan dan akhiirrrrnyyaaa tertidur pulas juga, nikmat banget lah pokoknya, kami tidur disebelah jendela kapal, trus gue buka sedikit jendelanya, alhasil angin yang berhembus kencang masuk dari sela-sela jendela dan membawa gue menari dalam mimpi basah indah. nikmat pisaannnnnnn ya Allahh...

Pulau Tidung
Seorang ABK berteriak dan mendata penumpang yang hendak ingin turun di P.tidung, sontak kami terbangun dari tidur lelap kami hooaamm. Sebelumnya waktu di sunda kelapa semua penumpang di beri tahu bahwa kapal ini tidak akan mampir ke P.tidung dengan alasan Pelabuhannya yang dangkal, tetapi faktanya KM Sabuk Nusantara 46 transit ke P.Tidung tetapi tidak berlabuh di pulaunya, melainkan diam di tengah laut dan mengoper penumpang yang hendak ke pulau tidung dengan kapal kecil milik warga. mungkin karena Pulau Tidung merupakan icon dari Kep.Seribu sehingga pihak KM. Sabuk Nusantara 46 tidak terlalu mempublikasikan rute ke Pulau Tidung karena  hal itu bisa mematikan transportasi ojeg kapal di muara angke. hehehe 

Gue, novi, adi, tio dan galih naik ke atas navigation deck, walaupun cuacanya sedang panas banget kami semua tak peduli karena imbalannya bisa melihat pemandangan yang sangat indah, laut yang biru perpaduan hijau toska serta langit dan awan yang seakan mengajak menari membuat gue selalu bersyukur atas kehidupan yang telah dirasakan.
Di atas Navigation Deck
Menuju Pulau Pramuka
1 jam beristirahat di tengah laut Pulau Tidung, akhirnya kapalpun kembali melanjutkan ke pulau yang berikutnya, yapss PULAU PRAMUKA !! masih di atas Navigation Deck, kami semua berdebat tentang berapa lama lagi menuju Pulau Pramuka dan saling menebak posisi Pulau Pramuka, karena di atas Navigation Deck ini Pulau yang jauh disana pun sudah bisa terlihat walaupun sedikit samar-samar.

Setelah gosong-gosongan di atas Navigation Deck, akhirnya Pulau Pramukapun mulai terlihat dari kejauhan, kamipun kembali ke bawah dan bersiap2 dengan barang bawaan yang kami bawa. P.Pramuka We Are Coming  

Pulau Pramuka
Biasanya kalau naik kapal ojeg hanya membutuhkan waktu 3jam saja untuk bisa ke P.Pramuka, namun dengan KM. Sabuk Nusantara 46 ini membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan, walau harganya minimalis namun cukup menguras waktu memang hihihi

Setelah turun dari P.Pramuka ada seorang Ibu-Ibu yang langsung mendatangi kami, namanya Ibu Linda, umurnya sekitar 35-42, hobinya bangunin burung tentangga, zodiaknya Capricon, ukuran celana dalemnya xl, dan rumahnya di pulau pramuka (cieee sampe perhatiaan gitu)

Ibu Linda ini menawarkan jasanya dan membantu kami selama di P.Pramuka, karena tertarik dengan harga yang di tawarkan, kami semuapun berdiskusi dahulu apakah akan memakai jasanya atau tidak. Dirasa cocok kamipun kembali bernego dengan Ibu Linda, alhasil kami memilih Ibu Linda yang cantik ini untuk mengurus semua keperluan kami selama di P. Pramuka. 

Total 500rb untuk 14 orang sudah termasuk sewa kapal, alat snorkling, jelajah pulau air dan penangkaran hiu di tambah air 2 galon nyiahahaha, lumayan murah juga nih Bu Linda, tapi harga tersebut belum termasuk pasang tenda di Pulau Semak Daun, kata Bu Linda kalau mau kemping di Pulau Semak Daun sekarang harus bayar 35rb/orang permalam. MAHAL !! Setahun yang lalu sodara gue si pongky ke Pulau Semak Daun hanya bayar seiklasnya, ternyata regulasinya berbeda setelah orang yang jaga pulaunya pun juga beda.
Sementara Ibu Linda menyiapkan peralatan snorkling, kami makang siang terlebih dahulu di sebuah warung dekat pelabuhan, di bilang makan siang nanggung sih karena jam sudah menunjukan pukul 14.45 hihihii..

Kesan pertama tentang pulau pramuka adalah "PADET PENDUDUK BRO" gak ada bedanya dengan jalan-jalan kecil di rumah gue, cuman bedanya di rumah gue kaga ada lautnya hikss. Pulau Pramuka ini merupakan salah satu pulau yang cukup luas dari banyak pulau di kepulauan seribu dan menjadi pusat pemerintahan di kepulauan seribu.

Disela-sela kami sedang makan siang ada 1 orang yang mendatangi gue dan menanyakan tujuan kami di P.Pramuka, ternyata dia satu kapal saat berada di KM.Sabuk Nusantara 46, namun dia tidak memiliki tujuan di P.Pramuka ini, ceritanya tersesat karena tujuan awal dia hanya survey saja, "dikirain kapal KM.Sabuk Nusantara 46 ini bisa P.P" katanya hahahaha . Yaudah akhirnya dia ikut kami, jadi total 15orang tapi 1 orang tanpa alat snorkling hihihhhiihi.

Pulau Semak Daun
Setelah alat snorkling dan logistik di naikan ke dalam kapal, pukul 15.30pun kamipun mulai berlayar menuju spot snorkling, tapi di tengah perjalanan entah kenapa ombak sedikit tidak bersahabat untuk melakukan aktifitas snorkling, akhirnya sang kapten kapal mengubah haluan dan langsung menuju ke pulau semak daun. Sebelumnya dari hasil negosiasi dengan bu linda, snorkling hanya di hari pertama saja, tapi karena ada faktor alam kami bernegosiasi kembali dengan bu linda, dan ternyata si bu linda baik sekali membolehkan kami membawa alat snorklingnya sampe besok agar bisa di lanjutkan kembali esok hari. REJEKI !! yihhaaa..
menuju pulau semak daun

Jarak dari Pulau Pramuka ke Pulau Semak Daun tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45menit menggunakan perahu motor kayu, sepanjang perjalanan kami banyak melihat aktifitas warga sekitar seperti memancing dan menjaring ikan. 

Sesampainya di Pulau Semak Daun kami tidak langsung mendirikan tenda, ada seorang bapak2 dengan kumis seramnya menghampiri kami semua dan menjelaskan tentang aturan kemping di pulau semak daun ini, karena gue baru pertama kali dateng ke pulau semak daun, jadinya gue pilih si pongky untuk mengurus administrasinya, akhirnya si pongkypun di giring ke suatu tempat untuk menyelesaikan biaya administrasi (sekalian bernegosiasi karena 35rb/orang/malam termasuk MAHAL !!)
Welcome To Semak Daun Island
Setelah lama berbincang akhirnya pada intinya kami semua tetap disuruh bayar 35rb/orang tidak ada biaya rombongan!! tidak ada harga nego!! bahkan si bapa kumisnya mengancam kami untuk keluar dari pulaunya ini !! what the fuck mannn ... 35rb x 15 orang = 525rb gue yakin separonya masuk kantong dia, padahal yang kemping di pulau semak daun waktu itu lumayan rame huuuhhh, oh yah pulau semak daun ini milik salah satu anggota DPR kita loh huuuuhhhh. Setelah berdiskusi akhirnya kamipun merelakan uang 35rb/orang untuk biaya kemping 1 malam, tapi tak di sangka2 satu orang yang ikut gabung bersama kami, mencoba kembali bernego habis2an, alhasil setelah debat maut akhirnya si bapa kumis menurunkan harga jadi 30rb/orang, lumayan lah daripada enggak sama sekali, thxx bang ady (orang yang ikut gabung saat di pulau pramuka).

Setelah tenda di bangun, sebagian dari kami langsung nyemplung dan snorkling di sekitaran pulau semak daun, berhubung sudah mulai sore visibility air lautpun kurang jelas tapi ok lah untuk melihat ikan2 kecil yang lagi main petak umpet hihihiihi.
Snorkling di Pulau Semak Daun
Langitpun mulai gelap, lalu kami semua bergegas mandi di sumur yang ada di tengah pulau. tidak usah khawatir kalau kalian ingin berak ataupun kencing, karena di pulau semak daun ini sudah di bangun wc umum, tetapi airnya musti nimba dulu yah hehehe. walaupun sudah ada WC umum tetapi tetap saja WCnya Bau, jorok lah pokoknya sampe-sampe si novi kaga mau ganti baju di dalem tuh WC alhasil ganti bajunya di dalem tenda.

Bintangpun mulai terlihat dan perutpun sudah berteriak kencang, kamipun membuat api unggun sebari menghangatkan badan setelah tadi main basah-basahan, Sementara itu Mr.Kamplenk (Ade) masih sibuk dengan masakannya, dia rela gak nyemplung cuman untuk membuatkan makan malam untuk kita semua hahaha, kejam juga yah kita bukannya  bantuin masak malah enak-enakan basah2an,, tapi emang begitulah dia, tujuannya kemping di semak daun cuman untuk masak. seriusan broooo !!
selamat bakar-bakaran dan selamat makan
Masak Air buat ninyuh kopi bro
Sang koki (Mr.Kamplenk/Ade)




Ayooo Hajar Brooo nikmat mat mat mat
Menghabiskan malam dengan bermain kartu
Malam kami habiskan dengan main kartu, bakar-bakaran dan saling pedekatean satu sama lain....

Pagi Hari
Sang suryapun kembali ke peraduan peradaban, gue dan novi bangun lebih awal dengan harapan bisa melihat sinar kehidupan yang baru bangun dari tidurnya, yah walapun sebenernya udah bisa kami tebak sih kalau pagi itu bakalan ketutup mendung karena semalaman kami kena hujan badai hehehe. Dan benar saja apa yang kami tebak, awan tebal menutupi sang cahaya kehidupan, walaupun begitu gue dan yang lainnya tetap menikmati pagi di depan dermaga pulau semak daun
Menikmati Mentari Pagi di pulau semak Daun
Banyak fasilitas yang bisa di lakukan di pulau semak daun ini, seperti snorkling, memancing, ataupun cari jodoh (kalau dapet) hihihi. Pulau semak daun ini juga luasnya hanya sekitar 5 hektar, jadi hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja untuk mengelilingi ataupun mengexplore si pulau mini ini hihihi. 

Setelah selesai menikmati mentari pagi kamipun bergegas membereskan tenda, karena sesuai janji bu linda akan menjemput kami untuk snorkling jam 7 pagi, sebelum snorkling kami sarapan dengan makanan seribu umat (mie instan) biar gak salatri dan masuk angin hihiihhi.

Sebenernya buat yang tidak membawa logistikpun bisa saja membeli di warung yang ada di pulau semak daun ini. What? Pulau kecil nan imut ini ada warungnya?? Yaps, selain berfungsi sebagai tempat tinggal si penjaga pulau ini, gubuk kecil di tengah pulau ini disulap menjadi sebuah warung. Gue coba beli aqua yang 600ml harganya cuman 4rb rupiah,, yahhh masih di ambang kewajaran sih, mengingat jarak dari tempat kehidupan cukup jauh hehehe. Sekitar pukul 07.30 bu linda pun datang (ngaret), kamipun bergegas menaikan barang-barang kami ke dalam kapal. And lets go to snorkling !!

Crazy Travel Mate in Semak Daun Island
15orang? sisanya udah naik kapal hahaha
Snorkling
Spot snorkling kita kali ini adalah pulau air, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berlayar kamipun sudah sampai di pulau air, pulau air ini terbagi menjadi dua bagian, dulunya pulau ini hanya satu bagian, namun karena telah di keruk bagian tengahnya sehingga pulau air ini menghasilkan celah untuk di lewati.

Sebelum snorkling kami jelajah pulau air terlebih dahulu, sangat indah pemandangan saat melewati celah-celah di pulau air ini, seperti layaknya menyusuri sungai namun pemandangan pinggir-pinggirnya adalah laut lepas, airnyapun jernih sekalee.... kata si kapten kapalnya pulau air akan menghilang pada malam hari saat air laut pasang hihiihihi, tapi dulu pernah di pake buat kemping katanya, namun ada masalah dengan penjaga pulaunya yang memasang tarif muaahhall alhasil pulau air ini sudah tidak ada penghuninya hhhhiiiiiii..
Pulau Air, Kepulauan Seribu
Jelajah Pulau Air
Setelah menjelajahi pulau air, kamipun langsung nyemplung untuk snorkling, namun kayaknya si kapten kapal salah lokasi deh, walaupun ikan-ikannya banyak tapi terumbu karangnya 80% telah rusak huuuhh, but is not bad lah , tetep have fun broo
Enjoyy your life
PENANGKARAN HIU
Setelah puas bersnorkling, selanjutnya kami dibawa ke tempat penangkaran hiu, tentu banyak ikan hiunya, tapi gue gak tau itu hiunya jinak atau tidak yah hahaha.. selain itu di penangkaran hiu ini berdiri sebuah resto yang biasanya dikunjungi para pengunjung setelah seharian jelajah pulau dan snorkling.
Penangkaran Hiu
Crazy Travel Mate
Pukul 10.00 pagi kamipun kembali ke pulau pramuka untuk mengejar ojeg kapal,namun nasib baik menghampiri kami, sekitar pukul 10.30 kami sampai di pulau pramuka dan melihat kapal KM. Sabuk Nusantara 46 sedang berlabuh di pulau pramuka, kata bu linda kalau pengen naik kapal itu musti cepet-cepet karena akan berangkat pukul 11.00 siang, tanpa basa-basi kamipun bergegas membawa barang-barang kami dari kapal bu linda menuju KM. Sabuk Nusantara 46, dengan pakaian yang masih basah kami membeli tiket seharga 15rb rupiah di loket dermaga pulau pramuka, setelah tiket di dapat kami membeli makanan terlebih dahulu di sebelah dermaga mengingat perjalanan KM. Sabuk Nusantara 46 ini sangat panjang (ceritanya buru2 nihh beli makannya karena kapalnya udah mau berangkat hiiiihiii)
Pukul 11.00 Tepat Kapal Titanic KW 46 ini berlayar meninggalkan Pulau Pramuka, kami semua yang sedari tadi belum bilas dan ganti pakaian akhirnya bersih-bersih di kamar mandi yang berada di dalam kapal. Hiiiihii segar rasanya. Setelah mandi kami langsung makan siang lalu dilanjutkan dengan tidur siang, gue kali ini pilih tempat tidur  di depan  TV + ada ACnya, nyenyak banget bro setelah semaleman bergadang dan seharian berkaktivitas, gue tidur pulas sampe pelabuhan sunda kelapa, sesekali bangun sih karena banyak ibu2 yang lagi ngocok arisan.. but we are happy cause get a vitamin sea .. Yeahh \m/

Akhirnya kami yang dari bandung pulang dengan selamat dan sampe pukul 11.00 malam di stasiun bandung tercintahh... see u next tripp guyss.. :*

BUDGET BACKPACKER DARI BANDUNG KE PULAU SEMAK DAUN
-Kereta Api Ekonomi (Kiaracondong – Ps.Senen) : 70rb
-Taxi Ps. Senen – Pel.Sunda Kelapa : 65rb/4 = 16,2rb buletin jadi 16rb karena da yang mau nambahin 1rb wkwkkw
-Tiket Kapal KM Sabuk Nusantara 46 : 15rb
-Makan di pulau untung jaya = 10rb
-Beli makanan/cemilan di pulau pramuka : 8rb
-Sharecost kapal, snorkling dan jelajah pulau : 500rb/15=33,3rb/orang di buletin 35rb/orang untuk patungan buat beli rokok kapten kapal
-Biaya Kemping Pulau Semak Daun : 30rb/orang
-Beli air minum patungan sama si novi : 4rb/2=2rb/orang
-Beli Makan + Minum di P.pramuka : 12rb/orang
-Tiket Kapal KM Sabuk Nusantara 46 : 15rb
-Transjakarta : 3,5rb
-Makan Malam di Stasiun Gambir : 10rb/orang
-Stasiun Gambir – Stasiun Bandung : 90rb

Total : 70 + 16 + 15 + 10 + 8 + 35 + 30 + 2 + 12 +15 + 3,5 + 10 + 90 = 316.rb/orang backpacker ke pulau semak daun dari bandung .
*catetan : Beras + mie instan masing-masing bawa dari rumah..
.
Bersyukur banget karena gue gak perlu ngeluarin uang banyak untuk menikmati indahnya alam ciptaan-Nya.. thx untuk semuanya yang telah membantu... Selamat Berlibur 

Lets Jump and Feel the life
 Ayo backpacker ke pulau seribu !!

Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

261 comments:

  1. wah terakhir ke pulau seribu udah lebih dari 10 tahun lalu hehehe udah saatnya kesana lagi kayaknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. MantaB nih tulisan boleh donk kontaknya Ibu Linda doediwahyu@gmail.com

      Makasih

      Delete
    2. sudah ane kirim gan via email ^^

      Delete
    3. gan ane boleh minta nomernya bu linda dong. mau ane kontak nih. kalo bisa kirim via email ke labibrifai@gmail.com ya gan? thx :)

      Delete
    4. sudah ane kirim gan ... trimakasih ^^

      Delete
    5. Boleh minta kontak situ gan ? Buat ngobrol tolong wats app ke 082226665550

      Delete


    6. sry banget kak baru bales, seminggu kemaren ke luar kota euy.. maaff yah :(
      sudah ane kirim via watsapp gan

      Delete
    7. Mantap kayanya seru nih dan biaya juga murah, boleh minta kontaknya Bu Linda gan? Email: donijanuari16@gmail.com
      Wa/SMS: 081296737433
      Terimakasih gan:D

      Delete
    8. Kak boleh bagi kontak ibu linda hehehe kayaknya seru banget campingnya. Kirim ke sarahmuktafikh@gmail.com ya terima kasih kak

      Delete
    9. sudah saya kirim ke email kak, sorry yah baru bales :(, bang toyib mulu minggu2 ini ...

      Delete
    10. Gan minta nomor nya bu Linda dong trikusumor@gmail.com

      Delete
    11. sudah ane kirim gan. silahkan cek bebi cek

      Delete
    12. misi gan ane minta kontak bu linda dong dylanbahtiarr@gmail.com makasii gan

      Delete
    13. sudah saya kirim kak , silahkan di cek ^^

      Delete
    14. Gan . Boleh minta tolong kontaknya Bu Linda ndak ya? Tolong WA ke 089663109003 atau kirim via email anisalusiana0105@gmail.com .. makasiii ya gaaaan ..

      Btw .. ceritanya oke bgt ..

      Delete
    15. Gan kirimin nomornya bu linda ke jurasario@gmail.com don gan
      Thanks before :)

      Delete
    16. sudah saya kirim gan, silahkan cek email ..

      Delete
    17. Boleh kirim kontak bu linda buat sewa kapalnya? By email aja novaldwyseptian1@gmail.com

      Delete
    18. sudah saya kirim silahkan cek email

      Delete
  2. om boleh minta kontak bu lindanya gakk om?mau coba trib ksna juga niih

    ReplyDelete
  3. Hai! Tulisannya cukup menginspirasi dan apa adanya. Boleh minta kontak Bu Linda kah? Rencana mau nge-camp di semak daun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sebelumnya kak telah membaca tulisan konyol ini hihi.. ada email kak??

      Delete
    2. Hallo, salam kenal yah bagus tulisannya renyah sekali bahasanya mudah di pahami, seperti dibawa ke dalam suasana backpackeran, jadi pengen kesana jadinya, bdw boleh minta kontaknya buk linda nggk gan ? kirim yah ke email : solidaritass@gmail.com Whatsapp : 081285533955, Terima Kasih

      Delete
    3. Kak mau minta kontaknya ibu linda juga dong. Hehehe email ku annisamartin@rocketmail.com thnx cerita serunya ya kak 😊

      Delete
    4. Hay, boleh dikirim No Hp Bu Linda nya melalui e-mail saya nunganungseu17@gmail.com Rencana nya weekend ini saya mau ke semak daun :)

      Delete
    5. Hay.. sudah saya kirim ke emailnya kak, selamat berlibur yah kak semoga menyenangkan ^^

      Delete
    6. kak bisa kirim no bu linda nya? kirim via W.a 085218330854

      Delete
  4. gan..., ane ke semak daun nge camp gratis tuh, enggak ada bayar-bayarannya

    ReplyDelete
  5. Wiih mantap gan. Btw, ane minta kontak bu linda dong gan. Tolong email ke b.boy.anindya@gmail.com .. thank's gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudahhhh ane kirim gan , silahkan cek email ^_^

      Delete
  6. Keren gan artikelnya, boleh minta kontak Ibu Linda?, boleh kirim ke brambravo@rocketmail.com . Thanks gan

    ReplyDelete
  7. Keren mas, boleh minta kontak nya bu linda? Bisa dikirim ke mbullzii@gmail.com atau akhzii(line) mksh mas

    ReplyDelete
  8. suka deh tulisannya, bacanya juga sambil cekikikan hihi. btw minta no bu Linda yang cantik dong. kirim ke priscillatheresiac@gmail.com terimakasih ea^^

    ReplyDelete
  9. Mantap lah tulisannya jadi mau coba backpacker kesana haha
    Boleh minta kontaknya bu linda?
    nizarkamil234@yahoo.com
    Wa: 085215473052

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah membaca kak, ayo backpacker kak hihihi, btw sudah saya kirimin ke email ka ^^

      Delete
  10. Maaf om belum ada email masuk kesaya bisa tolong kirim ulang heheh
    nizarkamil234@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok kak, saya coba kirim ulang.. trimakasih kak ^^

      Delete
    2. kak aku boleh minta kontak bu linda?tolong kirim ke email aku ya kak dellakesyaf@gmail.com makasihh

      Delete
    3. boleh banget kak.. okeee meluncurrrrrrr...

      Delete
  11. Boleh minta kontak nya bu linda, email aq friendsday15@gmail.com

    ReplyDelete
  12. gan boleh minta nomor ibu linda? email Radja.ranan13@gmail.com btw bagus gan ceritanya ..

    ReplyDelete
  13. Wah semak daun yaa, inget 3thn lalu kesana. Kalau dgr ceritanya skrg sepertinya semak daun udh ga senyaman dlu ya. Waktu thn 2013 kesana kita ga pake bayar2an tenda, memang bw tenda sendiri. Tp ga ada yg jaga2 juga. Dan dulu masih sedikit yg camping disana. Jadi terasa private island. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bikin gak nyaman itu harga kemping permalemnya, udah kaya sewa penginepan kalau patungan -__-"

      Delete
  14. gan boleh minta nomor bu Linda? email ke sni gan shikkarikari@yahoo.com.. tks agaannn ^0^

    ReplyDelete
  15. Gan, minta nomor ibu linda boleh ya? Tolong email ke saw.fahmi@gmail.com ya. Makasih gan.

    ReplyDelete
  16. Gan,kalo kita naek dr muara angke bisa ngga? And btw boleh yah kasih contacnya bu linda yg keceh itu.tq bung ayye Arifin buat artikelnya(kurniaikung@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lah , malah lebih cepet dari muara angke kak, cuman kan kalau yg ngejer budget sih naiknya km.sabuk nusantara 46..
      oke kak ane kirim via email kak

      Delete
  17. kak saya minta kontaknya bu linda dongg, mau coba kesana hehehe makasih email saya dimstrptr1996@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Ka boleh mnt kontak bu linda krm k email areivfaider@gmail.com thx ka

    ReplyDelete
  19. Boleh minta kontaknya bu linda ga gan? Thx before ;)

    ReplyDelete
  20. boleh minta cp nya Bu Linda kak ke syabillamp@gmail.com? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kakh, silahkan cek email sudah saya kirim :)

      Delete
  21. Gan boleh mnta CP bu linda??(rei_unk@yahoo.com)
    Btw iraha bade kemping deui?

    ReplyDelete
  22. ka boleh minta nomer bu linda yang seksi itu haha
    btw, itu biaya snorkling perorng apa gmna ka, soalnya ane mau kesana tapi cuma berlima kalau 500/5 orng berat banget kayanya
    email :BudhimanCHAIRIL@gmail.com
    wa:089606953971

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kak, per orang kena 34rb kak (sudah termasuk snorkling + hoping island), untuk mengenai detailnya saya kirim lewat email aja ya kak .... trimakasih ^^

      Delete
  23. Ka boleh minta kontak dan rincian sc ke pulau semak daun nya ga heheh

    Ini email akui
    Husnahkarimah@gmail.com

    Makasiihh

    ReplyDelete
  24. mnt nmr bu linda dunk...tq
    devie_davient@yahoo.com
    wa...081280009806

    ReplyDelete
  25. Ka minta no contaknya dong
    saya ada rencana mau kesana minggu ini karna belum tau di sana... Saya mau tanya2 dulu...

    eka.widiawan1@gmail.com
    087772445824

    ReplyDelete
  26. Kak, boleh minta kontaknya bu linda gak? Boleh dikirim keemail sharahretnita16@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  27. Boleh minta CPnya bu linda mas? Ini alamat email saya dqanggit@gmail.com . Cerita anda sangat menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim ke email kak, silahkan di cek. btw terimakasih kak ^^

      Delete
  28. kang klo pulau paling reccomended di p seribu apa kang?
    trus klo ke tidung, kan ga langsung, mesti transit ke kapal kecil. nah klo pulang dari tidung, mesti pake kapal kecil dulu?

    sekalian minta info penginapan/tenda di pulau yg direkomendasiin kang.
    email : zulendzra@gmail.com

    hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya bales sekalian di email yah kaka hihihihi..

      Delete
    2. oke kang, hatur nuhun.
      infonya sangat membantu:)

      Delete
  29. postingannya bermanfaat banget kang , bisa minta kontak ibu linda gak kang ? ini alamat email ane om Baihaki_1992@yahoo.com
    hatur nuhun kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kak, sudah saya kirim ke email yah kak. trimakasih ^^

      Delete
  30. nice share banget...
    boleh minta kontak bu Linda kah??

    bisa email ke depex836@gmail.com

    oia..ada yang jual air tawar (galonan) dan WC nya kurang sip ya...

    makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak, disana banyak kak yang jual air galonan hehehe

      Delete
  31. Mantap euy. Tiasa ukeun kontakna bu linda, kang? Pami tiasa email ka rismawanagrie@gmail.com
    Hatur nuhun

    ReplyDelete
  32. infonyaa membantu banget kak, rencana besok mau ke semak daun.. boleh minta nomornya bu linda nggak ka ? sama boleh minta penjelasan biaya kapalnya, rencananya cuma mau ber-5 soalnya.. takut kemahalan di kapalnya :"
    emailnya : dewiwahyoe5@gmail.com

    makasih kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak, coba tanya dulu aj ke bu linda , siapa tau bisa di gabung sama grup lain.. hiihihihi

      Delete
  33. What a great trip that you guys have!
    Anyway, mau dong gan di kirimin nomor bu linda ke rjumaris@gmail.com aja yaa.
    Thank yoouu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks you ^^
      sudah saya kirim kak , silahkan cek email ^^

      Delete
  34. gan,boleh minta no ibu linda,thx,email :naibahoroston@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Wahh mantap ceritanya menginspirasi untuk kesana..
    Btw boleh minta kontak bu linda mas? Bisa dikirim ke wasap 089602546105
    Trimakasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak, maaf kalau baru di bales kak ^^

      Delete
  36. Gan, kalo mau ke semak daun aja naik kapal Km Sabuk Nusantara bisa gak ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kak , nanti turun di pulau pramuka, lalu sewa kapal menuju pulau semak daun kak ^^

      Delete
  37. Kak kalau paling dekat ke pulau mana? boleh minta info kapan kapalnya beroperasi lagi dan kontaknya? Makasih.

    Miss.Novia.chandra@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. dekat dari mana? sunda kelapa? p.pramuka atau apa? hehehe

      kapal KM.Sabuk Nusantara 46 saat ini sedang masuk dock guna pemeliharaan kapal, kalau sudah beroperasi lagi nanti saya update di kolom komentar http://www.crazytravelmate.com/2016/04/km-sabuk-nusantara-46-solusi-backpacker.html , trimakasih

      Delete
  38. Boleh tau harga sewa tenda di semak daun say?

    ReplyDelete
  39. Hallo kak, boleh minta kontaknya bu linda? Larasatisunyoto6@gmail.com
    Makasih :)

    ReplyDelete
  40. Kak bagus sekali tulisannya, banyak infonya. Aku boleh minta kontak Bu Linda ga Kak? Mau main kesana hehehe ini emailnya, edodariad@gmail.com terima kasih banyak Kak, salam lestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kak...sudah saya kirim email.. kembali kasih ^^

      Delete
  41. Bro inspirasi juga nih trip nya, kocak blog nya lucu wkwk.. btw boleh minta kontak bu linda bro? email: fickyghars@gmail.com thanks gan

    ReplyDelete
  42. wah ane jadi tertarik untuk backpacker juga sama temen2
    thanks gan untuk tulisannya :D
    menarik dan pembawaannya ringan.
    btw boleh minta kontak ibu linda?
    mohon di kirim ke : fahrulwahyumi@gmail.com yaa
    thanks.

    salam,

    fahrul

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih kak sebelumnya, ^^
      btw sudah saya kirim ke email kak ..

      Delete
  43. mas maap ni mau tanya kira2 di pulau pramuka ada yg nyewain tenda gak trims

    ReplyDelete
  44. bagus tulisannya, mayan buat refrensi harga trip di taun 2016. dah jarang yg ngeblog trip di akhir taun ini. btw saya juga mau dong dikirim contactnya bu linda, saya ada rencana trip di february ini. trims

    ReplyDelete
  45. Bagus Kak tulisannya, jadi minta ke pulau BTW boleh minta contact nya bulinda?
    Kirim ke : putri_dwi@live.com
    Terimakasih ka

    ReplyDelete
  46. Hai kaka, baca blognya brasa de javuu, brasa ngikut dsitu jg. Bagus.! Ak ngidam bgt snorkeling, bolh ksih recomnd k pulau mna selain daun semak? Coz ak rncana cuma brdua ajh, klo pke tenda gth agak ribed ka. Pliis, ak start dr muara angke. Klo kk blm punya referensi pulau lain. Bolh deh share info dan budget ttg daun semak yg lebh lengkp lg dan kontak ibu linda. Mkasih bnyak kk. Ini email ku (pamelanurani@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama di pulau seribu sih saya lebih suka snorkling di pulau bira, selain ikannya banyak, terumbu karangnya juga masih bagus, kalau mau ke pulau bira naik kapalnya di pulau harapan kak, hehehhe

      Delete
  47. gan seru juga nih, oh iya minta kontak bu linda jg dong, rencanya pertengahan april mw cb ksna

    ReplyDelete
  48. maaf boleh minta contact nya bulinda?
    Kirim ke : gojekjkti8080@gmail.com
    Terimakasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kak, sudah saya kirim silahkan cek email. ^^

      Delete
  49. Bagus bgt kak menarik bgt buat dibacanya,
    Btw boleh ga kak minta no Bu lindanya soalnya akhir bulan ini atau ga awal Maret mau kesana kak, nih kak email-nya :zrammadhan593@gmail.com
    Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak sebelumnya .

      Boleh kak. saya kirim via email..

      Selamat Berlibur dan semoga menyenangkan ^^

      Delete
  50. bagus banget ulasanya, jadi pengen berkunjung ke semak daun,
    btw boleh minta kontaknya ibu linda..
    email setyobd@gmail.com

    terima kasih....

    ReplyDelete
  51. gan mnta nmor bu linda dong tlong zmz ke nmor ane 085774274102
    yuliantydian@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Om boleh minta kontaknya bu linda
    Email : riandiegi13@gmail.com


    Terima kasih

    ReplyDelete
  53. Bisa minta nomer kontaknya bu linda gan?

    ReplyDelete
  54. Ka mau kontaknya bu linda dong, emailnya rderiana@gmail.con maacih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu emailnya .com kali yah kak?? udh saya kirim ke rderiana@gmail.com hihihi

      Delete
  55. hallo kak, boleh share no kontaknya bu Linda ?
    btw, nice share kak :)

    my email : kurniawantann@gmail.com

    ReplyDelete
  56. Info kontak KM Sabuk Nusantara 46 nya dong gan? Terus kalo ke semak daun tanpa snorkeling berapaan ya gan?

    email ya emalimulhaq@gmail.com
    Thanks. Infonya menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ane kirim ke email gan.. kalau ke semak daun tanpa snorkling hanya dikenakan biaya sewa kapal saja sekitar 300rb-350rb per kapal

      Delete
  57. Keren abis tulisannya, nice pic juga bro, boleh kirim kirim kontak ibu Linda ga bro, 081318146757 WhatsApp /indraaulia03@gmail.com bro . Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  58. Tolong Kirim kontak bu linda dong ke riansadjauhari@gmail.com
    Thanks a lot
    Nice story

    ReplyDelete
  59. Asiik postingannya, boleh minta no Bu Linda pemilik kapalnya itu mas ke WA 081311214930. Terima kasih

    ReplyDelete
  60. informatif dan menarik blog nya gan hehehe, bisa minta no ibu linda nya gan? tlg kirim ke email saya jagatalfath@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih gan sebelumnya, btw sudah saya kirim silahkan cek email ^^

      Delete
  61. aa boleh minta pc nya bu linda yg bohay ga? :D
    rencana insyaallah akhir bulan april ini mau ksana a , boleh kirim ke WA 0853-1111-7899 atau email : ratusyafirahanifa17@gmail.com
    hatur nuhun aa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim via email teh, hatur nuhun ^^

      Delete
  62. Tulisannya keren bgt. Bikin pengen kesana hari sabtu besok. Hehe
    Btw boleh minta kontaknya bu linda gak ya? Tolong kirim ke sitirahayunurandy@gmail.com ya. Makasih banyaaaak. :D

    ReplyDelete
    Replies


    1. sry banget kak baru bales, seminggu kemaren ke luar kota euy.. maaff yah :(

      btw sudah saya kirim via email kak...

      Delete
  63. Wah mantap kak ceritanya. Ngomong ngomong boleh lah kak tolong share kontaknya si bu linda kak via email pisgor27@gmail.com. Soalnya Ada rencana mau ke semak daun nih long weekend ini. Terima kasih kak

    ReplyDelete
  64. Mantap euy. Tiasa ukeun kontakna bu linda nu zodiak capricorn tea kang? Pami tiasa email ka pisgor27@gmail.com
    Hatur nuhun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di kirim gan, hampura baru di bales, bang toyib mulu a T_T

      Delete
  65. Kak bagi no HP bu Linda. Dong k wa Anne 085227864412
    Thanks kak

    ReplyDelete
  66. Hallooo
    Boleh minta no WA
    Mau nanya2


    089510439006

    ReplyDelete
  67. Ka bagi kontaknya bu linda dong hehe makasih

    ReplyDelete
  68. kak boleh minta kontaknya bu linda? tlg kirim ke sukmadewiindah@gmail.com thanks kak

    ReplyDelete
  69. buat yang mau rencana kesana mending diundur dulu bulan agustus/ september,
    kemarin baru dari sana, lagi di renovasi dermaga nya sama fasilitas bilas kamar mandi,
    warung nya juga kemaren kesana ga ada,
    dan bener bu linda emang spesialis kalo mau ke semak daun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Up....

      Makasih gan udah memberikan informasi terbaru ^^

      Delete
    2. Dermaga yang di Pramuka atau di Semak Daun Mas?

      Delete
    3. sepertinya dermaga di semak daun gan .. hehehhe

      Delete
  70. Pagi mas rif, terimakasih tulisannya sangat menarik dan informatif. :)
    Ohya mas, saya mau nanya kalau untuk solo backpacker (saik :v) itu rekomendasi ke Pulau "yang dilalui KM Sabuk Nusantara" pulau mana ya?
    entah untuk sekedar santai, snorkling atau yg lain, salah satu point juga ndak papa mas.
    dan setiap pulau apa ada penginapan yg bisa per kamar?
    Boleh minta dijawab disini ya mas mngkin bisa jadi referensi pengunjung setia yg lain :D
    Kalau senggang boleh juga saya minta kontak wa nya mas rif kirim ke email victoria_fajri@yahoo.com
    Terimakasih banyak mas rif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terimakasih sudah mampir ke blog berantakan ini.. hhe

      Kalau Saran saya sih untuk sekedar menikmati pemandangan mending ke Pulau Kelapa (tujuan akhir KM.Sabuk Nusantara 46), kenapa? karena perjalanan menuju pulau kelapa kamu bakal disuguhkan oleh pemandangan2 indah yang memanjakan mata, selain itu juga kita bisa singgah sebentar di pulau2 seperti P.Untung Jawa dan P.Pramuka.

      Setiap pulau Besar di Pulau seribu ada banyak sekali penginapan, ada yang perkamar maupun homestay, tinggal masalah nego harga saja. namun agak cukup mahal juga kalau sewa kamar untuk 1 orang hehhee.

      Delete
    2. tambahan : di pulau kelapa, kamu juga bisa mencari orang yang hendak untuk di ajak sharecost buat hopping island & snorkling. disana juga banyak pulau2 yang masih bagus dan terumbu karang yang kecehh.. cmiiwww #kuyyy

      Delete
  71. Mantap ini.... Blh bagi kontak ny bu linda itu kak? Tlg dkirim y kak via WA 087885199166

    ReplyDelete
  72. Via email ajj jg gpp kak,, mnt info nomor kontak bu linda
    vvirthgea@gmail.com
    Trims kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim via email gan, sorry banget baru bales, baru sadar ada koment yang belum kebaless, Sorry :(

      Delete
  73. kak boleh minta kontaknya ibu linda, tolong kirim via email ya kak sriulina07@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sry baru bales sudah saya kirim kak, ga ngeh ada koment sorry :(

      Delete
  74. Mas boleh bagi kontak bu linda nya ? Wa 089652454539
    Email : auliaaaarahma26@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak via WA, trimkasih ^^

      Delete
    2. Kang Arifin boleh saya minta kontak bidadari pulau Pramuka ibu Linda nya .
      Ini email saya anjaygoblay041@gmail.com

      Delete
    3. oke sudah saya kirim kak.... ^^

      Delete
  75. Ka boleh mnt no hp Bu Linda? Email saya jmarbun.jm@gmail.com. tks

    ReplyDelete
  76. minta kontaknya bu linda gan thrianggraeni@gmail.com makasih, ngga dibales gapapa yg penting di email yak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya bales kak via email, silahkan di cek ^^

      Delete
  77. Kakk minta kontaknya bu linda dong hehe kirim ke email ya andhikakuncoro@gmail.com maksih ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak, silahkan cek email ^^

      Delete
  78. halo ka, saya minta nomornya bu linda yah kirim ke nabila1.putri@gmail.com thankyou

    ReplyDelete
  79. Gan, boleh minta kontak bu linda? minta tolong ke email adisrth@gmail.com makasih gan

    ReplyDelete
  80. Halo ka, boleh minta nomornya ibu linda ?
    tolong di email ke intan_wijaya@rocketmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  81. Bisa minta kontaknya bu Linda? Kalau boleh, bisa kirim ke phuputelsan09@gmail.com ya kak. terimakasih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim kak, silahkan cek terimkasih ^^

      Delete
  82. bermanfaat gan ayye, boleh dong kirim nomor Bu Linda via email ke edodavid67@gmail.com

    terimakasih,

    ReplyDelete
  83. Kaa boleh mnta kontak bu linda ?
    Via inbox fb aja yah,
    Maudi natasya engelica thnks kaka

    ReplyDelete