Backpacker Ke Pacitan #1

Pacitan.... Kota kelahiran Mantan Presiden Indonesia (Pak SBY) ini memiliki banyak tempat wisata yang potensial, salah satunya pantai Klayar yang menjadi icon dan daya tarik wisatawan untuk berwisata ke Pacitan. Selain Pantai Klayar, di pacitan juga banyak sekali pantai-pantai sexy yang wajib di kunjungi, dengan berbagai alasan tersebut akhirnya gue, novi, adi dan tio berangkat menuju pacitan.. lets goo Backpacker ke pacitan dari bandung..
Backpacker ke pacitan
Pulang kerja lagi cape-capenya gini enaknya rebahan di kasur, tapi kali ini gue dan si novi musti buru2 berangkat ke stasiun kiaracondong Bandung buat ngejar kereta. Malam itu kami naik angkot 05 (cibaduyut-cicaheum) angkot yang di kenal SANGAR oleh masyarakat kota Bandung, bukan karena warna merahnya melainkan kelakuan supir angkotnya yang buat siapa saja bisa naik pitam (termasuk gueh !!), Okeh Lupakan (efek dari dendam yang berlanjut) hahahahaha..

Pukul 19.40 kami sampai di Stasiun Kiarcondong Bandung, untung saja adi dan tio sudah berada di stasiun sedari tadi, jadi kami langsung masuk saja ke dalam kereta hehehe. Sebenernya sih gue sama si novi rada mepet karena kereta berangkat pukul 19.50 hahaha, apa jadinya kalau telat, selain gak jadi liburan pasti gue sama si novi di amuk 2 preman yang sedari tadi resah menunggu kami. *uppss sorry

Seperti biasa, suasana di dalam kereta malam sangat sunyi, tidak seperti kereta2 yang beroperasi saat matahari tepat di atas kepala,, Yah, penumpang kereta malam ini kebanyakan lagi konser musik, nada alami yang mereka ciptakan ketika mata terpejam membuat suasana di kereta semakin mencekam hahahaha,, Rasanya gue iri dengan mereka yang bisa tidur pules di dalam kereta ekonomi yang sandaran duduknya tegak lurus (90derajat)

Sepanjang perjalanan, kami isi dengan tidur masal, karena selain cape habis pulang kerja, pemandangan di luar jendela pun tidak terlihat karena emang gelap hahaha. yasudah manfaatkan waktu buat istirahat. Melakukan perjalanan di malam hari adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang memiliki waktu libur yang tidak banyak seperti kami, btw selamat istirahat....... zzzZzzZZzZZ

Pukul 05.00 keretapun sampai di stasiun Lempuyangan Yogyakarta. kami beristirahat sejenak sebari meregangkan otot2 yang tegang hehe, setelah itu langsung ambil air wudhu untuk menunaikan ibadah sholat subuh...
Stasiun Lempuyangan Yogyakarta
Sekitar Pukul 07.00 pagi kami mencari sarapan di depan stasiun lempuyangan, sebenernya banyak sekali  warung berjejer rapih di depan stasiun, tapi kami lebih memilih warung "Mbok Sabar" dengan harapan penjualnya sabar menghadapi kelakuan konyol kami hihiihihi. kami pesan nasi soto dengan harga 8rb rupiah tak lupa pesan es teh panas (what the F*ck man?) nah loh siapa yang pesen ES teh PANAS? hahaha 
Warung Makan Mbok Sabar
Pukul 7.40 kami langsung menuju tempat sewa sepeda motor yang berada tepat di depan stasiun lempuyangan, harganya 70rb, lumayan lah walaupun harganya lebih mahal dari tempat yang biasa gue sewa saat berada di jogja, tapi karena tempatnya yang dekat dari stasiun menjadikan kami lebih memilih tempat sewa motor tsb, cukup memberikan 3 identitas asli sebagai jaminan untuk 1 motor, kunci motorpun langsung diberikan dengan manis oleh pegawai tempat sewa motor tersebut.

Lets Go menuju Pacitan.... Pertama2 isi bensin Full tank dulu yah karena kita akan melewati batas provinsi, so siapkan stamina dan aqua biar bisa tetep fokus di perjalanan hehehe.. Rute pertama, kami menuju arah Wonosari terlebih dahulu, perjalanan menuju kota wonosari membutuhkan waktu kurang lebih 1jam, jgn bosen di perjalanan yah, karena pada saat menuju kota wonosari kalian akan disuguhkan pemandangan kota jogjakarta dari atas ketinggian...

Setelah sampai kota wonosari, rute selanjutnya adalah menuju Pracimantoro, jalanan sepi dan sedikit gersang menambah suasana perjalanan ala koboy mencari pantai. yeehhhaa.. jalanan menuju pracimantoro tidak terlalu bagus (berlubang), banyak di dominasi oleh tanjakan dan turunan tajam, jadi tetap berhati2 yah..
Road To Pacitan
Sesampainya di pracimantoro, gue salah ngambil jalan, harusnya lurus terus mengikuti plang pantai nampu (kalau gak salah), ehhh gue malah belok ke kiri ke arah eromoko-wonogiri, karena udah terlanjur jauh belok akhirnya kami bertanya kepada warga sekitar jalan untuk menuju pacitan, hahha kali ini gue minta maaf yah yang sebesar-besarnya kepada novi, adi dan tio.. sorry guys, mungkin gue butuh aqua hahaha..

Kami bertanya kepada seorang bapak-bapak yang menggunakan batik bak layaknya hendak pergi ke kondangan,
Gue : "Pak maaf numpang bertanya, kalau jalan menuju pacitan lewat mana yah?"
Bapak : "Wah, harusnya tadi di pracimantoro lurus aja mas, kalau ke sini ke arah wonogiri"
Gue : "Oh githouuu pak? jadi kami harus balik lagi ke bandung?
Bapak : "Kalau Balik lagi ke Bandung ke jauhan, mending ikut saya saja, saya mau ke #&^%(lupa) nanti bisa tembus ke arah pacitan"
Karena kami sudah lelah dan pengen cepat-cepat minum es kelapa pinggir pantai, akhirnya kamipun mengiyakan saja usulan si Bapak tersebut. Usut punya usut si Bapak tersebut mau mengunjungi rumah sodaranya yang berada searah menuju pacitan.  Ayo pak Lets Goo... jalanan yang dilewati oleh Bapak tersebut bukan jalanan nasional/aspal melainkan jalan kecil berbatu yang melewati desa-desa kecil di daerah pelosok pracimantoro. bener2 jalan tikus dah pokoknya epic

Sekitar 20menit melewati jalan yang bikin gue merindukan tukang es cendol, akhirnya kami melewati jalan besar dan beraspal, yeay.. kamipun berpisah dengan Bapak tsb dan tak lupa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya..
Karena cuaca yang begitu panas, kami pun beristirahat sejenak di bawah rindangnya pohon di pinggir jalan.

Perjalanan di lanjutkan kembali, btw "jika kalian melihat toko batu akik di sepanjang jalan itu artinya kalian sudah memasuki daerah pacitan", yeahh.. akhirnya kami sampai juga di pacitan walaupun masih masuk kabupaten sih hihiihihi, untuk menuju Pantai klayar, nanti di pertigaan sebelum masuk kota pacitan belok kanan pokoknya ikuti saja plang Pantai Klayar dan Goa Gong yang terpampang dengan sangat jelasnya. Jalan menuju Pantai klayar pun sudah beraspal mulus, pokoknya gue sangat menyukai jalanan menuju pantai klayar ini dan untuk pertama kalinya gue sangat menikmati banget mengendarai sepeda motor.
Jalan menuju pantai Klayar Pacitan
Dan ini Adi dan Tio, Pasangan Jomblo hahaha
Sebelum menuju Pantai Klayar kami melewati Goa Gong yang konon katanya goa terindah se Asia Tenggara. Ingin tahu Goa Gong seperti apa? tunggu ceritanya yah hhehhee.
Jalan Menuju Pantai Klayar ini tidak selamanya mulus, sisanya jalanan rusak yang akan menemani kami hingga pantai klayar, tapi  jalan rusak tersebut sedang di perbaiki dan diperlebar, tujuannya agar memudahkan akses  wisatawan untuk menuju pantai klayar.

And finally pukul 11.30 Kami sampai juga di pantai klayar, dan hal yang pertama terpikirkan oleh saya adalah "MINUM ES KELAPA DI PINGGIR PANTAI", tapi sebelumnya kami musti bayar biaya restribusi terlebih dahulu sebesar 7rb untuk masuk kawasan Pantai klayar ini. sementara tio dan adi mencari mesjid untuk menunaikan ibadah, gue dan novi mencari penginapan yang cucok dan tentunya harga backpacker. Setelah bertanya-tanya dari satu penginapan ke penginapan yang lain, akhirnya kami dapat juga harga yang cocok untuk 2 malam di hari weekend. Sambil menunggu tio dan adi beres sholat, gue siap2 dulu buat mengexplore pantai klayar. Dan di postingan selanjutnya gue bakalan ceritain keindahan pantai klayar dan harga penginapan, Baca postingan Selanjutnya Disini 

>>>> Keindahan Pantai Klayar , Pacitan Part #2

*tetap buang sampah pada temannya yah,, ehh tempatnya 

Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

19 comments:

  1. part 1 masih perjalanannya ya gan,,, ditunggu part 2 nya ,,, mwehehehe,,, nice post...

    ReplyDelete
  2. Waduh lagi weekend gini , baca artikelnya tentang jalan-jalan. Jadi kepengen piknik ke pacitan. Haha. Btw , dulu saya pernah ke Goa Gong , yang katanya selain jadi goa terindah , juga sempet ada siluman buaya nya di bawah. #mitos.
    Nice artikelnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo jalan-jalan lagi mbak ... ^^
      Btw ngeri juga kalau sampai ada buaya beneran kwkwkwk

      Delete
  3. enak ya kalo bs traveling sama banyak temen, btw itu enak yg boncengan berdua cowok2, bisa gantian nyetir, kaga capek

    ReplyDelete
  4. recomended nih. otw pacitan wkwkw

    ReplyDelete
  5. wahh tripping yang seru tuh,,serasa pingin ikut juga..

    ReplyDelete
  6. Pengalamannya menarik.banget gan buat dibaca orang lain :D

    ReplyDelete
  7. Kalo saya backpacker kesana sendirian aman gak sih?

    ReplyDelete
  8. bro nama hotel backpackernya apa? semalem berapaan bro? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. penginapan samudera gan, semalem 150rb bisa di isi 4-8 orang ...

      Delete
  9. mohon infokan juga untuk setiap harga tiket wisata, bensin, parkir, biaya makan, dsb selama disana ya, karena agar saya bisa estimasi budget untuk backpacker ke pacitan. Thnx

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga tiket wisata disana relatif murah, tiket masuk rata2 dikenakan biaya 5rb saja kak, selama di pacitan saya membeli bensin eceran karena jauh dari perkotaan, harganya masih standar sekitar 8-9rb per liternya, untuk makan juga relatif murah jika membeli di warung2 pinggir pantai, nasi + ikan (lupa nama ikannya) dikenakan biaya 15-20rb.. semoga membantu ..

      Delete