Talaga Bodas , Kawah dan Jacuzzi Alam

Talaga Bodas Kawah Putihnya Garut
Dari pada males-malesan di rumah guling sana guling sini mending maen aja, tapi maen kemana? rasanya di Bandung akhir2 ini sering hujan terus. hehhe.
Kali ini gue dan mas ayye mau cari suasana baru dan berlabuhlah hati kami ke daerah GARUT, kenapa garut? Ya !! karena saat ini budget kita minim buat berpergian jauh, hahhaha. 

Jarak Bandung ke Garut gak terlalu jauh kok, bahkan domba garutpun sudah familiar dengan Bandung karena selalu PP (pulang-pergi) saat ada adu domba di daerah bandung hehehe  

Setelah mencari referensi dari berbagai sumber akhirnya gw berencana ke Kawah Talaga Bodas. yups,, seperti namanya Kawah Talaga Bodas dalam bahasa Indonesia berarti Kawah Danau Putih.
Lokasi Kawah Talaga Bodas berada di Desa Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab.Garut, Jawa Barat. Kawah Talaga Bodas ini berada di ketinggian 1.512 mdpl yang merupakan kawah dari gunung talaga bodas.

Oke setelah destinasi ditentukan besoknya gw dan mas ayye berangkat pukul 06.00 pagi, rute yang kami lalui dari bandung adalah Soekarno Hatta-Cicalengka-Rancaekek-Nagreg-Leles-Jl.Kresek-Cibatu-Jl.Sukahaji-Wanakerta-Jl.Talaga Bodas-Talaga Bodas.. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 3.5jam karena kepotong sama istirahat dan sarapan pagi juga sih , hehehe. 

Selama perjalanan kami tidak menemukan petunjuk arah menuju Talaga bodas hehe, jadi kami menggunakan GPS = Gunakan Penduduk Setempat alias bertanya sebelum tersesat, jangan malu untuk bertanya yah guys . hihiih 

Oh iya bagi kalian yang pernah ke Situ Bagendit kalian juga bisa melalui daerah sana, karena kami tidak hapal daerah situ bagendit maka kami mengambil jalur aman yang disarankan oleh masyarakat disana yaitu Cibatu.

Sesampainya di Jalan Talaga bodas, kami musti memacu kendaraan kami, awalnya sih jalannya aspal mulus, tapi tiba-tiba 9km lagi menuju kawah talaga bodas jalanan mendadak rusak parah, parah banget !!
si mas ayye sampe jungkir balik buat menjaga kestabilan motor. selain jalannya yang hancur, jalannyapun kecil, di tambah berkelak kelok, jadi yang menggunakan mobil pribadi di sarankan untuk membunyikan klakson saat akan berbelok di jalan sempit untuk menghindari terjadinya kecelakaan. hihihi 

Setelah kurang lebih 30 menit menyusuri JL.Talaga Bodas akhirnya kami pun tiba,, yeeeah. *alhamdulillah
Kami hanya perlu membayar Rp. 22.000,- untuk tiket masuk 2 orang dan 1 motor. itungannya 14rb untuk 2 orang, dan 8rb untuk masuk motor. pada saat transaksi dengan penjaga pos nya, kami hanya membayar 20rb saja karena tidak ada uang receh untuk kembalian.. *busyettt 

Tapi walaupun motor masuk dalam itungan tiket masuk, tetap saja motor hanya boleh disimpan di parkiran yang telah disediakan, selebihnya kita harus treking sekitar 500meter atau jika malas bisa naik ojeg yang dikelola oleh warga sekitar dengan harga Rp. 5.000,-
"Kalau begitu harusnya motor gak masuk dalam itungan dong pak" *ngedumel... 

Oh yah, Sebelumya di sepanjang jalan gw khawatir disana gada jajanan dan warung-warung karena sepanjang jalan menuju talaga bodas sangat sepi, tetapi saat masuk area pos ternyata banyak warung yang menjual makanan dan minuman bahkan jagung bakar.. 

Banyak sekali yang menawarkan naik ojeg, tapi tau sendiri lah sifat mas ayye, dia mah anti dengan pengeluaran sekecil apapun saat backpackeran. alhasil dia tolak setiap tawaran yang menghampiri kami. *ayo treking biar irit dan sehat ! itulah pesan dia.. 
Jalur Treking menuju Kawah Talaga Bodas
Di sepanjang jalan treking kami disuguhkan dengan pemandangan taman ilalang
Pemandangan yg sayang untuk di lewatkan
Padang Ilalang
Dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk treking kami pun telah sampai di kawah telaga bodas. biasanya kalau main ke kawah itu pasti identik dengan bau belerang, tapi untuk kali ini kami gak perlu maskeran   

Berbeda dengan Kawah Putih Bandung yang bau belerangnya menyengat harga masuk Talaga Bodas juga relative lebih murah ketimbang Kawah Putih Bandung . Sooo,, kalau kalian bosen dengan kawah yang itu itu aja, disini ada kawah yang berbeda, selain itu Danau dari Kawah Talaga Bodas memiliki warna putih bercampur ijo toska jika terkena sinar matahari, sangat indah !!
Pemandangan Kawah Telaga Bodas
Talaga Bodas
Explore Indonesia

Kawah Putih? ini Talaga Bodas Garut !!
Ohh iya selain itu Kawah Talaga Bodas memiliki tempat pemandian air panas, cukup berjalan lagi sekitar 500 m dari Kawah Talaga Bodas kalian akan menemukan 3 kolam renang air panas hiihii double jackpot, dengan harga murah selain mendapat pemandangan juga bisa refleksi badan dari penatnya ibukota hiihii..

Jalur menuju pemandian, tapi tidak sempat foto pemandiannya.. hiiii sry yah :)
And well dari keseluruhan tempat ini keren buat dikunjungi dan bisa dijadikan spot berfoto ria bagi pasangan dan sahabat, bau belerang yang tidak terlalu menyengat bikin kita betah berlama-lama ditambah adanya pemandian buat kalian yang pengen berendam.   

Untuk transportasinya sendiri saya tidak melihat transportasi yang menuju ke kawah talaga bodas ini,  karena sepanjang jalan talaga bodas sendiri sangat sepi sekali. tapi menurut informasi biasanya ada kendaraan bak terbuka yang siap disewa untuk mengantarkan kalian menuju kawah talaga bodas, kalau mau sewa colt bak rame2 yah biar murah 
Salam backpacker, Enjoy !!

Pengeluaran dari Bandung ke Talaga bodas menggunakan Motor:
Bensin 3 kali Pengisian = 10rbx3= 30rb
Tiket masuk = 20rb
Parkir = 2rb
Total = 52.000 / 2 = 26.000/orang

Untuk makan silahkan dipilih sesuai budget saku 

Indonesia itu Indah
Dimanapun tetap jaga kebersihan yah ^^












Unknown

We Are Crazy ^_^

4 comments:

  1. wahh keren nih tempatnya, bisa jadi list buat traveling pas libur panjang

    ReplyDelete
  2. wah keren banget tempatnya, gak mahal juga. dan yang paling penting masih lestari:D

    ReplyDelete