Gunung Lembu, Melihat Waduk Jatiluhur Dari Ketinggian (Purwakarta)

Gunung Lembu !! walaupun tingginya hanya 792 Mdpl, tapi perjalanan menuju puncak gunung lembu ini jangan di anggap remeh !! ingin tahu kenapa??
Pemandangan Dari Gunung Lembu
Rencananya sih gue sama neng novi mau nge camp di salah satu gunung yang berada di daerah purwakarta, Gunung Lembu namanya. tapi karena cuaca akhir-akhir ini sedang tidak mendukung (hujan mulu) akhirnya kami memutuskan untuk tetap ke gunung lembu tapi dengan 'one day trip'.

Pagi itu gue dan novi berangkat menuju gunung lembu, perjalanan dari bandung menuju gunung lembu (purwakarta) tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 2jam-an menggunakan sepeda motor, rute yang kami lalui untuk menuju gunung lembu adalah cimahi - padalarang - cikalong wetan - sukatani - desa panyindangan. lokasi gunung lembu sendiri berada di desa panyindangan, kec. sukatani, kab. purwakarta.

Setiap kali gue pergi ke daerah purwakarta gue sangat menikmati sekali perjalanannya, selain jalanan yang tidak terlalu ramai dan pemandangan yang masih hijau juga udaranya yang ramah terhadap paru-paru ngiahhahaha. saking asyiknya menikmati perjalanan bareng pasangan yang luar biasa setianya, guepun kebablasan melewati pasar sukatani yang menjadi gerbang untuk menuju ke desa panyindangan hiihhii , #sakingasyiknya #jadiwehbaliklagi #jadiwehlapar

Yups, jadi patokan untuk menuju gunung lembu ini adalah pasar anyar sukatani, setelah masuk ke pasar anyar sukatani kalian tinggal ikuti saja jalan menuju desa panyindangan, jaraknya lumayan jauh juga, melewati desa-desa, tapi jangan khawatir sedikit demi sedikit kalian akan mendekati gunung lembu kok hihiihi , btw kenapa disebut gunung lembu? karena bila dilihat dari arah timur, bentuk bukit batu itu seperti lembu yang sedang duduk.
Jalur Pendakian Gunung Lembu (gunung lembu dari kejauhan)
Sesampainya di pos pelapor desa panyindangan, kamipun memarkirkan motor kami terlebih dahulu sebelum melapor untuk mendaki ke gunung lembu. dulu biaya restribusi untuk masuk ke gunung lembu ini adalah sukarela, tapi untuk tahun ini mulai 2016 diwajibkan untuk membayar 10rb per orang. setelah mengisi nama gue dan neng novi di buku pengunjung, kami pun bersiap mendaki gunung lembu, eittss tapi sebelum mendaki kami membeli amunisi dulu berupa pop mie, lepeut dan bala-bala. Oh yah, di atas sana tidak ada sumber air, jadi diharapkan untuk membawa air yang cukup yah dari bawah, karena perjalanan/trekking menuju gunung lembu tidak mudah.
Rute Pendakian Gunung Lembu
Beberapa puluh meter setelah melewati gapura selamat datang di gunung lembu, kamipun di paksa untuk mengurangi kecepatan karena bakalan melewati tanjakan dengan kemiringan sekitar 40-50 derajat. buseettt, belum apa-apa kamipun harus menghadapi siksaan dari gunung lembu ini. #janganmenyerah #jangannyampah #tetapsemangat
Tanjakan yang akan menemani kami selama perjalanan #janganmenyerah
Siksaan belum berakhir !! sebelum sampai di Pos 1, kami bertemu dengan pertigaan, yang kekanan menuju lokasi saung ceria pasirompang dan yang kekiri langsung menuju Pos 1, kami memilih trekk yang ke kanan (sedikit lebih jauh), tapi jalan yang di lalui tidak seterjal dan 'semenyakitkan' dari pada yang ke kiri hahaha .
Jalan menuju saung ceria pasirompang
Tapi ternyata sama saja, jalan yang memutar ke kanan pun tidak beda jauh dengan yang kekiri, sama-sama menguras darah, keringat dan air mata kami , sesakali gue dan novi mengambil nafas untuk melanjutkan perjalanan kembali. santai saja perjalanan masih panjang, perlu mengatur nafas agar tidak terlalu cape nantinya. #janganmenyerah #jangannyampah #tetapsemangat

Sesampainya di Pos 1, gue dan novi kembali mengambil nafas sejenak, oh yah di Pos 1 ini terdapat beberapa warung gazebo untuk kalian yang ingin membeli amunisi tambahan atau ingin beristirahat sejenak hehehe. Kamipun melanjutkan kembali perjalanan menuju Pos yang ke 2, belum selesai sampe disitu tanjakan menuju Pos ke 2 ini benar-benar membuat sendi lutut gue seakan berteriak kencang kesakitan, mungkin inilah tanjakan yang menurut gue paling extream, selain tanjakan dengan kemiringan 45-50 derajat juga tanjakan tersebut licin karena habis di guyur hujan kemarin malam. jadinya kamipun harus berjuang extra keras dan alhasil keringatpun sudah membasahi seluruh tubuh kami. Lalu  kamipun sampai di Pos 2, dengan di tandai 1 buah gazeboo khusus untuk para pendaki yang hendak beristirahat karena kehabisan nafas dan air mata hihihi.
#janganmenyerah #jangannyampah #tetapsemangat
Di Pos ke 2 ini gue dan novi sartika kembali mengambil dan meredakan nafas sejenak yang sedari tadi sudah tidak karuan, untung saja vegatasi di gunung lembu ini di dominasi oleh lebatnya pohon bambu, sehingga cahaya matahari tidak menyengat langsung ke kepala kami, apa jadinya yah jika tidak ada pepohonan yang lebat hahaha, mungkin banyak tukang tandu yang hilir mudik membawa orang yang pingsan nguehehehe  .
Jalan Datar menuju Pos ke 3 #janganmenyerah
Lanjut menuju Pos yang ke 3 kali ini jalananya datar tidak seperti sebelum-sebelumnya, hal ini cukup memberi angin segar kepada kami yang sedari tadi tak henti berpacu dengan tarikan nafas. jalur menuju pos yang ke 3 ini ditandai dengan melewati tempat keramat Mbah Jongrang Kalapitung, dan setelah itu kamipun sampai di puncak gunung lembu yang pertama. #pejalananbelumberakhir #janganmenyerah #jangannyampah #tetapsemangat
Puncak Pertama gunung lembu dan pemandangan jatiluhur sudah mulai kelihatan
Setelah melewati jalanan menurun perjalanananpun dilanjutkan kembali dengan tanjakan, buset tanjakan lagi , tapi tanjakan kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, karena terdapat bebatuan yang dijadikan sebagai pijakan untuk mendaki ke atas. walaupun terdapat pijakan tapi tanjakan ini sangat curam, jadi harus hati-hati, karena jalannya sempit dan di kiri kanan kita adalah jurang, ayo tetap semangat dan jangan menyerah !! sebelum sampai di Pos 3, kami melewati tempat keramat Mbah Raden Surya Kencana, tempat keramat yang satu ini di tandai dengan adanya gazebo kecil untuk tempat beristirahat atau tempat untuk menjalankan ibadah sholat. Oh yah, kami bertemu dengan sekumpulan kakek-kakek paruh baya (sekitar 8 orangan) yang sedang istirahat. hal itu membuat semangat gue dan neng novi semakin terpompa, toh kakek-kakek paruh baya saja bisa, masa anak muda yang masih unyu-unyu seperti kami tidak bisa hhihihi . kami pun melewati kakek-kakek tersebut, dan kami saling memberikan semangat satu dengan yang lainnya.
*yang muda dan yang tua bersahabat
Jalur Treking menuju pos 3 Gunung Lembu #janganmenyerah
#janganmenyerah #jangannyampah #tetapsemangat
Sesampainya di Pos 3 kamipun langsung tancap gas menuju Puncak Gunung Lembu, Bukannya pengen buru-buru, tapi malu kalau sampai tersusul kembali oleh para kakek-kakek tersebut, *Harga diri anak muda ada di tangan kami nguahahahhahaha  

And Finally Sampai juga di puncak gunung lembu, hal ini  di tandai dengan tanah lapang yang tidak terlalu luas dan menjadi tempat untuk mendirikan tenda bagi yang ingin ngecamp di Gunung Lembu. karena tujuan kami adalah tebing/batu lembu, jadi kami masih harus melanjutkan perjalanan, tidak jauh kok dari puncak gunung lembu, turun sedikit sekitar 100meter kalian akan melihat pemandangan yang menakjubkan dari waduk jatiluhur .
Puncak sekaligus Lokasi Camp Gunung Lembu
Puncak Lembu 792.Mdpl
Kami pun beristirahat sejenak sebari menikmati semliwir angin yang sejuk dan tak kalah pemandangan yang memanjakan mata di depan sana, yups waduk jatiluhur. sebenarnya ada beberapa gunung yang cocok untuk menikmati pemandangan waduk jatiluhur dari ketinggian, seperti gunung bongkok, gunung parang dan gunung lembu, namun untuk mendaki ke gunung bongkok dan gunung parang tidaklah mudah, butuh keahlian khusus untuk mendakinya seperti panjat tebing..
Akhirnya sampe juga , alhamdulillah ^^
Untuk menuju ke ujung batu lembu sendiri harus turun dengan menggunakan tali yang telah di sediakan, kamipun mencoba untuk turun lalu diam di ujung batu lembu tersebut, disini landscapenya oke banget hehehe 
Turun untuk menuju Batu Lembu
Tak lama berselang sekumpulan kakek-kakek yang kami temui tadipun sampai juga di batu lembu ini. Mereka langsung turun dan mengabadikan moment indah di batu lembu ini, gue sempet berbincang dengan mereka, ternyata mereka sama dari bandung , mereka semua bersahabat sudah lama, dan emang hobi mereka naik turun gunung, busyeet keren bener nih persahabatan mereka, udah tua pun masih doyan nge-trip hihihihi
*temenan itu main bareng bukan jaim bareng
*gue bener-bener salut dengan semangat mereka, gak mudah loh mendaki gunung lembu ini meski kalian masih muda 
Sesi Foto Bareng Bersama Para Sepuh yang luar biasa #tetapsemangatPak #yangmudajangankalah
Oh yah, waktu yang kami tempuh saat trekking dari pos pelapor menuju batu lembu ini adalah 1jam 40menit dengan jarak sekitar 2km. waktu yang cukup singkat memang, hal ini berkat suntikan semangat dari para kakek-kakek keren tersebut. terimakasihh kek, sehat selalu dan semoga abadi pertemanan kalian, aminn..

Suasana Batu Lembu
Pemandangan Waduk Jatiluhur dari Gunung Lembu
Amazing gunung Lembu, Pemandangan Indah Dari Ketinggian Gunung Lembu
Pemandangan gunung parang di lihat dari batu lembu
Oh yah, jangan meninggalkan barang apapun saat kalian turun ke batu lembu, karena ada binatang yang satu ini
Salah satu penghuni Gunung Lembu
Jika kalian ingin mengunjungi Gunung Lembu ini gue kasih beberapa tipsnya yah 
*Gunung lembu ini tidak terlalu sulit, jadi siapa saja bisa kok untuk mendaki gunung lembu ini #ayosemangat #kalianbisa #janganmenyerah #jangannyampah
*Siapkan mental dan fisik yang prima, karena awal trekking bisa membuat kalian down
*Usahakan olahraga seminggu sebelum pendakian
*Bawa air mineral dari bawah, karena di atas tidak ada sumber air (hal ini penting sekali, karena pas kami turun mendaki, ada beberapa ABG labil yang tidak membawa logistic sama sekali, alhasil belum saja sampai POS 1 mereka udh lemas tak berdaya)
*Gunakan sepatu yang nyaman (disarankan sepatu khusus untuk mendaki)
*Gunakan lotion anti serangga, karena saat treking kalian akan di cumbui oleh serangga2
*Cari kayu kuat yang tidak terpakai untuk dijadikan tumpuan menahan tubuh kalian (DILARANG KERAS MENEBANG !!)
*Jaga sopan santun selama berada di gunung Lembu
*Berhati-Hatilah saat ingin buang air, usahakan permisi terlebih dahulu
*Jangan Lupa berdoa sebelum mendaki
*DILARANG KERAS BUANG SAMPAH SEMBARANGAN
*DILARANG KERAS MERUSAK ATAU MENCORAT-CORET BATU DSB.
*BAWA SAMPAHMU KEMBALI TURUN !!
*JANGAN MENYERAH, JANGAN NYAMPAH, TETAP SEMANGAT
Transportasi menuju Gunung LembuDari Bandung
Bisa menggunakan sepeda motor (karena tidak terlalu jauh) :P  
Dari Jakarta Dan Sekitarnya
Menggunakan Kereta turun di stasiun Purwakarta, lalu di lanjut dengan menyewa colt bak (jika ramai-ramai) jika sendiri bisa menyewa ojeg (tarifnya lumayan mahal hehe)
Total pengeluaran
Bensin = 17rb/2 = 8,5rb
Tiket Masuk gunung lembu = 10rb
Beli Amunisi (Pop mie, Leupet, Bala-Bala) = 10rb/2 = 5rb
Parkir Gn.Lembu = 3rb/2 = 1,5rb
Mizone = 5rb/2 = 2,5rb

Total = 8,5 + 10 + 5 + 1,5 + 2,5 = 27.5rb
*air minum bawa dari rumah hihihi
*jangan lupa sarapan yah biar gak lemes
*harga belum termasuk makan siang guys

Selamat Menikmati Pemandangan Waduk Jatiluhur Dari Ketinggian Gunung Lembu yah 
Batu Lembu

#backpacker ke gunung lembu
#jalan menuju gunung lembu
#tiket masuk gunung lembu
#rute pendakian gunung lembu
#jalur menuju gunung lembu
#lokasi gunung lembu

Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

23 comments:

  1. keren gan,kemaren ane baru ke gunung batu dan ketinggiannya mirip" lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunung batu yang di jonggol yah gan? :)

      Delete
    2. cimindi-pasteur sanes kang gunung batu mah..hehehe

      Delete
  2. nah masalhnya ane dari taun kemaren gajadi terus mau ke sana :'D



    ssy

    ReplyDelete
  3. Semoga tahun ini bisa kesampaian teh .. aminn :D

    ReplyDelete
  4. anjayy,indah banget gan pemandangannya :3
    apa agan ga ngeri jatuh selfi" kaya gitu :v kwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo orang sunda bilang, *nurutuk tu'ur gannnn hhe

      Delete
  5. Belum pernah ke sini, tetapi sepertinya menarik dan tidak terlalu jauh dari Jakarta.

    Salam dari http://tunawisma.com/

    ReplyDelete
  6. mantap bro hehe jangan lupa bawa oles minyak nyamuk wkwkwk banyak nyamuk..... wah kakek" itu keren pasti duiitt banyak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kata agan yang di atas, hahaha .. bukan duitnya gan , semangat mereka yang banyak ^^

      Delete
  7. hai, saya lina dari malaysia.

    saya nak tanya, jika saya ingin pergi ke gunung lembu, dimana lebih dekat?
    dari jakarta atau dari bandung lebih dekat.

    mohon bantuan, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai lina salam kenal... ^^

      untuk menuju gunung lembu tentu lebih dekat dari bandung, bisa diakses non tol ataupun via tol (exit di tol ciganea)..

      terimakasih sudah berkunjung ^_^

      Delete
    2. Jika ada pertanyaan lebih lanjut hub instagram @ayyearifin agar lebih fast respon ^^ trimakasih ^^

      Delete
  8. bang, tanya dong..
    apa disetiap pos tersedia toilet?

    Makasih,
    Uyyuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada kak, karena gunung ini termasuk memiliki trek yang pendek hanya saja jalurnya yang menanjak menjadikan gunung ini sedikit menguras tenaga, hihihi.. cmiwwww

      Delete
  9. Keren kak mantap banget haha jadi ingin kesana. Kak, udah pernah coba ngetrip ke sanghyang belum? keren loh, recommended. lokasinya di daerah PLTA Saguling, dan banyak tempat yang bisa dikunjungi selain waduknya aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudha kak, hihiih btw makasih kak udh memberikan informasi seputar tempat kereen ^^

      Delete
  10. Waktu pendakian berapa jam itu ?? Btw, itu batu tempat fotonya kok agak curam ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2-3jam kak, kalau maju terus ke ujung sih curam kak hehe, berhubung angle fotonya di atas jadi keliatan curam nih walaupun fotonya udah jauh2 dari ujung hihihiihi

      Delete
  11. Bang, fotonya bagus2, boleh info kameranya?

    ReplyDelete