Mampir Sejenak di Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng !! Tempat eksotis yang satu ini tidak boleh terlewatkan saat kalian berada di dataran tinggi dieng... kenapa??? karena kawah sikidang ini adalah salah satu tempat yang paling populer dari banyaknya kawah di kawasan dieng.
Kawah Sikidang Dieng
Konon menurut cerita, Kawah Sikidang ini dilatarbelakangi oleh kisah cinta (ahhhhh cieeee) yang berakhir tragis (wanjritttt) *endingnya gak banget..
oke lanjut serius euy...
Dahulu kala sebelum terjadinya kawah, Ada seorang Ratu cantik/geulis/ayu yang bernama Ratu Shintha Dewi, banyak sekali pemuda yang jatuh hati, bahkan seorang raja yang terkenal sakti, kaya raya dan bertumbuh tinggi besarpun kepincut dengan kecantikan Ratu Shintha Dewi, Raja tersebut bernama Kidang Garungan.
Pintu masuk Kawah Sikidang
Raja Kidang pun bermaksud meminang sang ratu, tentu itu membuat senang sang Ratu. tapi tak disangka pada saat sang Ratu bertemu secara langsung dengan Raja, hal yang ia lihat tidak sesuai yang ia harapkan. Wujud Besar dan tinggi ditambah kepala sang Raja adalah kepala kijang (dalam bahasa jawa kidang).
Kawah Sikidang
Sang Ratu pun kecewa, untuk menolak pinangannya sang ratu pun memberi syarat kepada sang raja untuk dibuatkan sumur yang sangat dalam di hadapan Ratu dan tentaranya. Raja kidangpun menyanggupi dan dengan cepat ia membuat sumur yang sangat dalam, sumur tersebutpun hampir selesai, namun sang ratu dan tentaranya langsung menimbun sumur tersebut yang di dalamnya masih terdapat sang raja.
Pemandangan Kawah Sikidang
Raja berusaha keluar, namun tidak bisa, kemudian di dalam kemarahannya sang raja mengeluarkan kesaktiaannya yang menyebabkan bumi/tanah bergetar dan terjadilah ledakan yang membentuk kawah yang saat ini disebut kawah sikidang. Raja kidang garungan pun tetap berada di dalam sumur yang sangat dalam, karena kemarahannya sang raja mengeluarkan kutukan bahwa seluruh keturunan sang ratu akan berambut gimbal. makanya kalau ada anak di daerah tersebut yang terlahir berambut gimbal (gembel), mereka percaya bahwa anak tersebutu keturunan sang Ratu, makanya anak yang berambut gimbal harus di perlakukan khusus.. hhehhee 
Lubang-lubang kecil yang terdapat di kawah sikidang
Selain ceritanyapun yang sangat tersohor, kawah sikidang ini pun menjadi tujuan favorit bagi para backpacker/traveller, tidak terkecuali kami. hehehe
Pas gue kesana, gue gak sempet lihat kawah utamanya karena fisik si Novi lagi tidak memungkinkan untuk menghirup bau belerang *lagitepar, walaupun trekingnya tidak terlalu jauh, tapi yah apa boleh buat yang namanya fisik tidak boleh di lawan, kami cukup melihat kawah tersebut dari kejauhan.

Untuk tiket masuknya cukup bayar 5rb/orang kalian sudah bisa menikmati pemandangan indah di kawasan kawah sikidang ini, tiketnya udh termasuk candi arjuna juga loh jadi setelah di kawah sikidang bisa lanjut ke candi arjuna hehehe. Biasanya sih destinasi kawah sikidang ini dikunjungi pada saat pulang dari Melihat Sunrise di Bukit Sikunir selain karena matahari belum di atas kepala juga kawah sikidang ini searah jalan pulang dengan Bukit Sikunir hehehe. Untuk mengexoplore kawah sikidang tidak membutuhkan waktu terlalu lama karena kawasannya tidak terlalu luas jadi cukup 1-2 jam untuk jeprat jepret sebari menikmati panorama yang indah di sekitar kawah sikidang.
lagi ngopo iki rek hahaha
Untuk kalian yang mau ke kawah sikidang jangan lupa untuk membawa masker yah karena bau belerangnya sangat menyengat, tapi buat yang gak mau repot disana juga ada kok penjual masker. Jika sudah mengunjungi Kawah sikidang jangan lupa mampir ke pasar kecil yang terdapat di pintu masuk, disana tersedia souvenir dan makanan khas dieng untuk di jadikan oleh2 buat mantan/pacar/selingkuhan di rumah hehehe.. jadi tunggu apa lagi? ayo ke dieng 

>> Baca Wisata Dieng Lainnya Disini <<














Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

1 comment: