Pantai Kukup yang bikin gue loncat-loncat



'Kerasnya' hiruk pikuk kota jogjakarta membuat gue merindukan tempat sunyi untuk merenungkan nasib utang-utang gue. bahahhaakk..
okey, lupakan tentang utang, mending gue culik pacar gue dan bawa ke tempat sepi yang ada di daerah gunung kidul.. lets go menculik .. hehehe 

Sebelumnya gue sedang piknik di kota jogjakarta, ciyeeeh piknik, bukan piknik sih, lebih tepatnya lari dari kejaran rentenir muda karena cicilan kulkas belum lunas, oalahh..... btw,  mencari tempat pelarian yang murah itu yah jogjakarta, gue gak perlu mengeluarkan uang I Gusti Ngurah Rai terlalu banyak, karena di kota ini biaya hidupnya terbilang relative murah, gak percaya?? gue pernah makan di angkringan cuman 4.500 rupiah aja loh,, yah walaupun lauk pauknya seadanya.. nguehehe yang pentingkan judulnya piknik dan bisa membuat perut gue kenyang . nguahahhaa... 

Oke, kembali ke topik. Gue backpacker ke jogja ini tentu memiliki beberapa tujuan destinasi. Salah satunya adalah pantai kukup yang berada di gunung kidul, dengan bermodalkan motor sewaan yang harganya 70rb/hari gue paksa novi (pacar gue) untuk bayar patungan, jadi cuman 35rb/orang.. ngueheheheh.. iyah gue paksa, gue todong pake cinta. kejam kan gue?? 

Perjalanan dari jogjakarta menuju pantai kukup ini terbilang cukup menguras tenaga, kita melewati jalanan menanjak, menurun dan berkelak-kelok. hal yang harus di perhatikan kalau kalian mau ke pantai kukup adalah kondisi kendaraan yang fit dan tentu kondisi si pengemudinya juga.. hehehe
untuk rutenya sendiri dari jogjakarta gue ngikutin plang ke arah wonosari, nah perjalanan ke wonosari membutuhkan waktu sekitar 1jam, setelah sampai di kota wonosari kalian belok kanan dan mengikuti arah menuju "pantai baron".. cause pantai kukup itu berada di deretan pantai-pantai yang berada di gunung kidul... trust me no hoax and kasasab... hahahha 

Nanti ada beberapa pertigaan menuju arah pantai2 lain yang berada di gunung kidul, kalian ikutin saja plang "pantai baron" pokoknya jangan yang lain, walaupun sebenarnya bisa melewati pantai2 selain pantai baron .. namun satu hal yang harus di garis bawahi. pantai kukup itu lebih dekat dengan pantai baron (bersebelahan), so apakah kalian ingin jalan cepat atau muter2? 

Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2jam dari kota jogjakarta, dengan asumsi gue bawa kendaraanya 60-80km/jam. rasa lelah gue tebayar sudah ketika sampai di pantai kukup, 'parkiran sepi, pengunjung tidak terlihat batang hidungnya, yang ada hanya warga lokal dengan aktifitasnya masing2' ahh langsung saja gue jalan cepat sebari bawa orang yang gue culik... hehehhee

Pantai Kukup

Oh yah, sebelumnya untuk memasuki kawasan pantai di gunung kidul ini, gue musti membayar tiket masuk sebesar 10rb di pos yang berada dekat dengan pantai baron.. eits 10rb itu sudah termasuk tiket masuk ke pantai2 lainnya yang berada di gunung kidul. ada lebih dari 10pantai loh , dan ada beberapa yang masih hidden paradise.. so come on explore gunung kidul... 

Kembali ke pantai kukup !! waktu kami kesana pantainya sangat sepi, dan pasir pantainya putih kecoklatan namun pasirnya sangat lembut buat dijadikan bedak. hahaha. gue dan pacar gue lompat kegirangan karena benar benar terbebas dari rentenir.. jahhahaa, enjoylah pokoknya... walaupun siang itu terik matahari bisa menghitamkan kulit gue dalam seketika... i don't care, cause i'm black man . broakkakaka... 
Benar-benar terbebas hahah
Setelah lari2, loncat2 hingga gila bersama akhirnya kamipun kecapean, sudah capek enaknya rebahan dulu di tempat yang adem sebari menikmati pantai kukup yang sangat indah.. kebetulan sinar matahari tertutup oleh tebing2 tinggi yang ada di pantai kukup ini jadi gak kepanasan deh pacar gue.. ngueheheh sungguh nikmat hidup ini..

Oh iyah, Pantai Kukup ini memiliki garis pantai yang tidak begitu panjang, namun menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunset. Pantai kukup ini adalah pantai yang sedikit maju dari pada pantai2 sepi yang berada di gunung kidul, itu terlihat dari beberapa penginapan yang menjadi salah satu fasilitas yang berada di pantai ini. Selain penginapan, di pantai kukup juga banyak tersedia warung2 makan dengan harga backpacker, jadi jangan khawatir kalau udh main air lalu kelaperan yah hahhahah.. 
Pantai Kukup
Selain pemandangan pantai kukup yang memanjakan mata, di pantai kukup ini ada sebuah pulau karang yang berada di tengah laut yang tentu mengingatkan saya dengan Tanah Lot di Bali.
Tanah Lot From Java

My Crazy Travelmate
Untuk menuju ke pulau karang tersebut kita hanya perlu melewati jembatan di atas karang yang telah di buat. Perbedaan pantai kukup dengan Tanah Lot sendiri adalah bangunan yang berdiri di atas pulau tersebut, jika Tanah Lot memiliki pura maka pantai kukup memiliki semacam gardu pandang. hehhehe. rasa penasaran membuat kami mencoba untuk menyebrangi jembatan tersebut.
Jalan menuju jembatan
Dan setelah sampai di gardu pantai tersebut, mata gue benar2 di manjakan dengan pemandangan yang sangat luar biasa, Subhanallah.. waktu itu gue bener2 lupa dengan rentenir dan embel-embelnya, it's really holiday, walaupun pada saat itu angin sedang kencang menerpa kami, tapi pemandangan yang disajikan dari atas gardu pandang pantai kukup ini benar2 luar biasa. jika kalian kesini kalian harus mencobanya yah 
Pantai Kukup
Di pantai kukup ini kami menghabiskan waktu berdua dengan bermain air di pinggir pantai. ahh pokoknya gue luluh dengan suasana yang perfect waktu itu, hehehe. kenapa gue bilang perfect?? pantainya sepi seperti milik pribadi di tambah pantai yang sangat bersih tidak ada sampah sama sekali.. nyaman dech buat ngabisin waktu dan menjadi tempat pelarian yang sempurna .. nguehehhee

Jika kalian suka menangkap ikan-ikan kecil, di pantai kukup ini bisa kok, tunggu saja saat air laut surut maka siapkan jaring yang kalian punya.. have fun your holiday

Rute dari kota Yogyakarta menuju pantai kukup kalian hanya perlu mengikuti petunjuk jalandari kota Yogyakarta - Wonosari - Pantai Baron - Pantai Kukup
Ayo Backpacker ke Pantai Kukup Gunung Kidul 












Ayye Arifin

We Are Crazy ^_^

14 comments:

  1. Aku pernah main ke Pantai ini, Baron, Parangtritis, dan Depok juga.

    Menurutku Pantai Kukup memang paling bagus dan segar..

    ReplyDelete
  2. deket rumah ane gan, tepatnya di jalan baron, 15km sebelum pantai baron

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak ... setiap weekend bisa mantai terosss.. hehhee

      Delete
  3. Kereeeen, itu pasirnya pink ya gan? ato karena dari efek fotonya.
    nice info gan (y)

    ReplyDelete
  4. ane pernah kesini gan.. emang mantep banget... apa lagi spot yang di atas rumah"an itu,.,.. joss lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihhh .. pasti agan yang satu ini orang yang selalu berbahagia yah :)

      Delete
  5. Emang Jogjakarta kota yang hebat.. Pantai kukup bagus apalagi ditambah mampir pantai indrayanti.. Cuma sebelahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu mahal-mahal udah bisa lihat puluhan pantai cmiiwwwwww....

      Delete
  6. hiks padahal waktu itu udah ke pantai baron, ternyata di sebelahnya ada yg lebih bagus lagiiiiii :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa kak, biar ada bahan untuk balik lagi ke gunung kidul hahaaha

      Delete