Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Santolo Garut

Merasa hati ini sudah lelah dan butuh piknik wkwkkw, akhirnya gw ngajak Ayye Arifin buat mantai , kebetulan dia keliatannya lagi sakau pantai juga ahahha. Liburan kali ini gw ga mau yang jauh-jauh tapi tetep keren dan romantic, karena denger permintaan gw akhirnya si Ayye ngusulin buat mantai di sekitar Jawa Barat yaitu GARUT .. ^-^



Garut selain punya wisata air panas, ternyata Garut juga punya banyak pantai lhoo, kali ini gw dan si ayye bakal datengin salah satu pantai yang romantic   tau gak? pasti nama pantai ini udah gak asing lagi di telinga... Santolo.. Yeppeeee... This my first time... Lets gooo........

Sesuai dengan waktu yang telah ditentukan gw, ayye, teh ani dan dimas berangkat pukul 07.00 WIB dari Terminal Leuwi Panjang Bandung, Kok jadi ber 4?? rencananya gw pengen meminimalisir budget, jadinya ngajak mereka hehehe lets go backpacker-an. untuk menuju ke Garut kami menggunakan transportasi Elf dengan biaya 25rbu, awalnya sih kami ingin menggunakan bus, tapi karena busnya masih kosong jadi kami enggan untuk menunggu lama-lama,  yasudah kami naik elf saja .. oh ya, kalau kalian mencari Bus/Elf yang akan menuju Garut carinya diluar terminal leuwi panjang yaa bukan di dalam terminal hehehe, Elf menuju garut banyak banget jadi gak usah khawatir ketinggalan dan bus menuju GARUT itu bus Diana berwarna Orange (kalau yang ini gak banyak)  

Kelebihan dan Kekurangan Naik Bus/Elf Dari Bandung


Bus Diana
+ Lebih murah, dan tidak berdesakan

Banyak Ngetem, karena musti nunggu muatan

Elf
+Sedikit lebih cepat dari pada Bus

-Kalau muatannya penuh bakalan sumpek, pengap dan siap2 kantong kresek wkkwkw


Rute untuk menuju pantai santolo dari Bandung menggunakan transportasi umum adalah Bandung - Garut - Pameungpeuk

Sekitar 2jam perjalanan akhirnya sampe di Terminal Guntur Garut, para penumpang yang baru turun langsung diserbu oleh para kernet Elf dan entah kenapa gw ngerasa kernet-kernet itu seperti sekawanan jombie hahah, banyak sekali pertanyaan dari para kernet2 tersebut salah satu pertanyaan yang paling sering di lontarkan adalah "neng, mau kemana?" setiap kali di tanya gitu gw dan si ayye hanya bisa tersenyum saja heheh. Ok karena kami sedikit kelelahan akhirnya kami istirahat dulu di terminal tersebut untuk sekedar duduk-duduk dan mencari toilet. Saat sedang asyik istirahat tiba-tiba si ayye teriak-teriak sendiri (versi mata saya wkwkw), saat ditanya kenapa?” ternyata si ayye lupa bawa charger kamera   *pelupapelupapelupa akhirnya kami pun berjalan kaki mencari counter yang jual charger desktop sambil mencari kendaraan menuju pamengpeuk.

Tak jauh dari Terminal Guntur akhirnya ada counter yang menjual charger Desktop, setelah selesai transaksi dengan penjual di counter tiba-tiba  ada seorang bapak yang berkupluk hitam, beliau menawarkan jasa elf nya hehe, keluarlah jurus andalan si ayye yaitu Tawar Menawar wkwk *si ayye emang tukang tawar menawar hiihiii.. setelah setuju dengan harga yang di sepakati kamipun kembali menaiki ELF untuk menuju Pameungpeuk (santolo).. Untuk Garut-Pameungpeuk ongkosnya 25rbu dan sudah diantar masuk ke Pantai Santolo , applause buat si doiiii hehehe. Di tengah perjalanan gw dan si ayye baru sadar kalau kita tidak membawa cukup uang (*serasa di dompet banyak uang ternyata cuma recehan wkwkkw) akhirnya kami minta request ke sang supir untuk berhenti terlebih dahulu saat melihat ATM Be Er i...

Perjalanan menuiu santolo pameungpeuk sangat berbeda dengan perjalanan Bandung-Garut yang sedikit mual, perjalanan menuju Santolo ini sangaat muall, mungkin karena jalanan yang memasuki daerah gunung berliku dan cara bawa supir elf yang ngebut ngebut gimana gitu seakan perut ini dikocok kocok duhhh pengen lambai lambai ke kamera , utnung saja di tengah perjalanan Elf yang kita naiki berhenti dulu di rest area, kepala gw pusing bukan main, gw pun mutusin buat beli bakso biar syegeerr ahahhaa  

Perjalanan Garut ke Pamengpeuk lumayan lama ditambah dengan elf yang suka berhenti menaikan dan menurunkan barang bawaaan *ya ampun ini mungkin jasa titip barang juga. Sekitar pukul 3sore  kita akhirnya sampai di pantai saantolo, asyiiikk sesuai perjanjian awal, supir elf mengantar sampai masuk pantai sehingga kita tidak perlu membayar restribusi di pos penjagaan . Setelah turun dari elf kita mencari penginapan yang murmer dan sedikit jauh dari pantai karena menurut gw dekat pantai itu terlalu berisik dan juga mahal ahahahh *alasan ..Setelah muter2 nyari dan nego harga akhirnya kami menemukan penginapan yang murah dengan harga 150rb/malam untuk Familly Room dengan 2 kasur besar lengkap dengan TV, Kipas Angin dan juga Kamar mandi dalam yiiiipppee.


Foto Di depan penginapan
Setelah istirahat sejenak dan mengganti pakaian kami pun mencari tempat makan. Harga makanan disana standar yaitu 10rbu untuk Nasi Goreng dan 8rbu untuk mie rebus. pokoknya di santolo jangan takut kelaperan, karena sudah banyak warung2 makanan yang tersedia.

Sore ini kami bergegas ke Pulau santolo yang masih satu kawasan, hanyya saja terpisah oleh sungai kecil yang airnya berasal dari laut sehingga untuk kesana kita harus menyebrang menggunakan perahu, cukup dengan 2rbu sekali jalan maka kita akan diantar oleh menuju ke pulau santolo dengan menggunakan perahu nelayan.


Menyebrang ke pulau santolo
Pertama kali menginjakan kaki di pulau santolo si ayye tiba-tiba menjerit-jerit kembali sambil lari-lari ga jelas (*ini asli bukan sekedar versi mata gw).Karena melihat si ayye yang aneh saya pun mengikuti dia berlari-lari dan menjerit   *ini sihh namanya sama-sama gila  ..  


Crazy Travel Mate
Btw, kalau ke pantai tanpa ada yang jadi korban kubur kayaknya kurang afdol wkwkkw akhirnya dengan sukarela ai ayye jadi korban kubur, walau dia sedikit gila ahhahah ini penampakannya 


Leyeh-Leyeh Dulu Katanya
Memang benar-benar gila kan dia?? hahahha
Menurut gw pantai-pantai di pulau santolo ini keren beud dengan pasir putih yang lembut dan karang-karang disekitar bibir pantai yang membuat ombak ga terlalu besar jadi cukup nyaman untuk sekedar maen air bahkan mencari ikan juga sunset-nya pun bener2 keren walaupun cuaca sedang mendung waktu itu.

Sunset Di Pulau Santolo walaupun  sedang mendung tetapi tetap cantik
Setelah cukup puas dan waktu sudah menunjukan jam 6 sore, akhirnya kami menyebrang kembali menggunakan perahu yang sama, bayarnya 2 rbu yakkk hehehe, sore ini kami memutuskan untuk membeli makan di tempat kami menginap…  Ga asyik rasanya kalau ke pantai tapi ga beli seafood, ayo mari makann !!   

Selesai makan kami hanya menghabiskan malam dengan bermain kartu, yang kalah dicoret odol mukanya, bisa diliat kan siapa yang banyak coretannya wkkwkk


Muka Loreng
Besoknya kami ke pantai sayang heulang menggunakan rakit yang lokasinya berada di belakang rumah penduduk, biayanya sama kok hanya 2rbu hehehe. Disini Terdapat jembatan yang menjadi icon Pantai Santolo, tapi nampaknya jembatannya sudah tidak berfungsi, dilihat dari banyaknya papan yang telah bolong hiii jadi takut sendiri… 
For Rakit

Icon Pantai Santolo

Jembatan Pantai Santolo Garut
Pemandangan di pantai sayang heulang ini sangat indah sekaleee, walaupun kami telat mendapat sunrise, tetapi matahari masih menyimpan keindahan yang luar biasa di pagi itu, di tambah air laut di pantai sayang heulang ini sangat tenang karena ombak yang terpecah jauh beratus meter di depan sana..


Java In Paradise

Crazy Travel Mate


Pantai Sayang heulang atau cilaut eureun
Jernih Sekali Airnya
Oh iya, di sayang heulang juga terdapat penginapan tapi lebih ke homestay, bagi kalian yang masuk melalui sayang heulang kalian juga bissa menikmati panorama Santolo dengan cara yang sama yaitu menaiki perahu nelayan atau menggunakan rakit harganya sama :D dibanding dengan memutar arah kendaraan selain jauh juga banyaknya waktu yang terbuang..

Selain menikmati pesona alam yang luar biasa, di pantai sayang heulang kami mencoba menangkap ikan, saking asyiknya berjalan sebari mencari ikan kami tidak sadar kalau sudah jauh berjalan, karena waktu sudah siang juga akhirnya kami pulang, di perjalanan kami melihat tukang bubur seketika hasrat predator kita muncul *maklum belum sarapan   
Hasil Tangkapan jiahahhaa
Pada saat pulang meunuju santolo untungnya air sungai sedang surut sehingga kami bisa melewati melalui sisi lainnya tanpa harus menggunakan rakit *ngirit

Siang harinya kami bermain air di pantai santolo, rasanya semua pikiran pengap dan strees hilang seketika. Berbeda dengan sayangheulang pantai santolo memiliki ombak yang besar.. 

Sore terakhir di Santolo rasanya kurang puas kalau ga liat sunsetnya, untuk spot sunset yang kami pilih yaitu pulau santolo lagi hehehe, karena di pantai santolo susasanya cukup ramai hehe  cekidot beberapa foto yang berhasil di abadikan menggunakan pocket abal2 heheh...


Menikmati Sunset di salah satu the best view point di Pulau Santolo

Dikit-Dikit,..... Jeprettt...



Paradise In Santolo Garut

Nasis Dulu hehehehe
With My Prince.. Love Youu My Crazy :*
Duhhh ga kerasa akhirnya tiba saatnya kita harus pulang dan kembali melakukan aktifitas di perkotaan, sebelumnya dipagi hari kami menyempatkan main air di pantai santolo terlebih dahulu lalu dilanjutkan beli oleh2 yeepppeee. beli oleh2 hehe
Pantai Santolo
Untuk pulang ke bandung, kita harus menggunakan mobil colt bak (angkutan khusus dari santolo menuju pasar pameungpeuk) harganya 5rb untuk 1 orang. nah setelah sampai di pasar pameungpeuk kita menunggu Elf yang akan menuju kota garut, tapi pas kita naik elf menuju kota garut, si keret malah nawarin untuk langsung ke leuwipanjang , jadi elf ini tujuan akhirnya bandung bukan garut, wkwkw padahal jelas2 stiker rutenya pameungpeuk - garut. dengan harga 50rb per orang kami pun mengiyakan tawaran si kernet elf tersebut. hiihihih 

Selamat tinggal Garut, terimakasih telah membiarkan kami menginjakan kaki dan menikmati keindahaan yang ada di alam Garut… Terimakash Tuhan sudah membuat ciptaan sebegitu indahnya…. 
Buat kalian yang mau santolo garut inget yah jangan lupa buang sampah pada tempatnya yaaaaaaaa temans temans

Rincian biaya perjalanan kami dari Bandung :

Bandung - Garut = 25rb
Garut - Pameungpeuk = 25rb
Makan siang (bakso) = 10rb
Penginapan = 150 : 4 = 38rb x 2 malam = 76rb/orang
Makan Sore = 10rb

Perahu (penyebrangan) = P.P = 4rb
Makan Malam Sea food = 70rb : 4 = 18rb/orang
Rakit (penyebrangan) = 2rb
Sarapan = 7rb
Makan Siang = 10rb
Perahu (penyebrangan) = P.P = 4rb
Makan Malam = 10rb
Sarapan Pagi = 9rb
Angkutan (Colt Bak) = 5rb
Elf Pameungpeuk - Bandung = 50rb


Total = 25+25+10+76+10+4+18+2+7+10+4+10+9+5+50 = 265rb

*Harga belum termasuk oleh-oleh
*Harga di atas jangan di jadikan patokan


Selamat Berlibur guys.....





























































Unknown

We Are Crazy ^_^

30 comments:

  1. Replies
    1. iya indah gan, apalagi awannya hhe bikin sunset disana makin indah :D

      Delete
  2. keren gan pantainya,dan murah lagi,waktu itu ane ke pulau pari dikepulauan seribu ber 6 3 hari abis 300k.Makin rame makin murah kalo jalan-jalan mah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyiikk..
      betul banget gan, makin banyak orang budget makin minim karena share cost hohoohooo

      Delete
  3. Replies
    1. iya bagus bgt mas, karya cipta sang Maha Karya :D

      Delete
  4. Replies
    1. iya bagusnya paket banget gan hhe, apalagi kalau diliat langsung rasanya gamau pindah tempat buat mandanginnya :D

      Delete
  5. Pengen ke pantai sana ane gan... kira-kira budget 2 juta an cukup berapa hari gan? kalo penginapan 150 rb/hari. ada yang VIP nya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira 2 minggu gan kalau nginep doang wkwkk :D, range harga disana sekitar 100 - 300 gan cari aja yang menurut agan nyaman dan VIP karena disana udah banyak banget penginapan yang nyaman..

      Delete
  6. keren saya jadi pengen ke pantai santolo ini :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo kak :) siapakan tas dan perlengkapannya :D

      Delete
  7. Pantai yang indah Gan, kayaknya asyik tuh...

    ReplyDelete
  8. pantainya jarang orang tuh bersih dan rapi enak buat liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pulai santolo sama sayangheulang emg masih jarang org gan :)

      Delete
  9. keren.... jadi pengen kesana lagi, tapi jangan pake kendaraan umum, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yu pake delman :D *ehhh
      Hheh pake motor kyknya seru :D

      Delete
  10. Wah recomend banget nih gan, ntr kalau ke garut mampir kesini ah. sukses :)

    ReplyDelete
  11. keren gan pemandangannya, jadi pengen kesana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo gan mumpung belum terlalu rame pantainya :D

      Delete
  12. tanya dong, dari leuwipanjang ke garut terakhir jam brp ya bis/elf nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe jam 6 malem juga kadang masih ada kok gan.. soalnya elf ke garut dari leuwipanjang banyak gan hihihi ^_^

      Delete
  13. Gan, Garut-Pameungpeuk berapa jam kalo naik elf

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry gan baru bales hihihi, garut - pamengpeuk bisa di tempuh sekitar 3-4jaman, tergantung supir elfnya gan hehehe

      Delete
    2. hehe bisa tepos pantat gan...
      thanx btw...

      Delete
    3. emang.. apalagi kalau bawanya kayak jet coster, bikin jantung deg deg serrrrr ...

      Delete